Selasa, 5 Juli 2022

Sensasi Tiga Rasa Khas Timur Tengah Nasi Ayla 

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Beragam sajian Timur Tengah bisa ditemukan di Kawasan Religi Ampel, salah satunya adalah Nasi Ayla, Senin (5/2/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Masih suasana liburan Hari Raya Idulfitri kalau mudik ke Surabaya pastinya tempat yang satu ini jadi andalan jika mencari makanan khas Timur Tengah, yah dimana lagi kalau bukan di kawasan religi Ampel.

Di sini banyak berderet resto yang menyajikan menu khas Timur Tengah masing-masing mempunyai menu andalan, ada Nasi Tomat dari Depot Jumbo, Kambing Oven dari Depot Al Mutlik, Martabak dari Hotel Mesir.

Di kawasan ini salah satu  resto yang selalu ramai dikunjungi adalah Al Izzah Arabian Resto karena tempat ini menyajikan sederet menu khas Timur Tengah dengan banyak pilihan,di antaranya nasi mandhy kambing, mandhy ayam, biryani kambing, biryani ayam, kebuli kambing, kebuli ayam, kebuli original, gule maryam, nasi goreng kambing, dan menu kuliner lainnya.

Nikmatul Izzah, pemilik resto Al Izzah mengatakan yang menjadi andalan di restonya adalah nasi Ayla. Menu ini tergolong unik  karena dalam satu porsi menyajikan nasi tiga rasa khas Timur Tengah.

“Nasi Ayla ini terdiri dari nasi kabsah, nasi mandhi, dan nasi biryani. Tiga nasi ini tersaji dalam satu piring,” kata Izzah  kepada suarasurabaya.net, Senin (2/5/2022).

Izzah menjelaskan, nasi mandhi adalah sajian yang berasal dari Yaman, dan sangat terkenal di beberapa negara Arab lainnya seperti Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan tentunya Arab Saudi.

“Nasi mandhi memiliki aroma rempah-rempah yang kuat karena terdiri dari kapulaga, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit, bunga lawang dan lain-lain. Untuk rasa dari nasi Arab satu ini didominasi oleh rasa gurih,” tuturnya.

Sedangkan nasi biryani adalah hidangan yang berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam jika dibandingkan dengan nasi mandhi.

“Nasi mandhi. Nasi kabsah ini berwarna kemerahan dan asam manis dari tomat. Orang-orang biasa menyebutnya nasi tomat. Salah satu ciri khas bumbunya menggunakan tomat dan sedikit cabai, sehingga cita rasanya asam gurih, dan tidak ada rasa pedas sama sekali,” paparnya.

Satu porsi Nasi Ayla ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing, namun jika Anda tidak suka, resto ini juga memberi pilihan daging ayam dengan potongan besar dilengkapi sambal dan acar segar.

Masih ingin menikmati sajian Timur Tengah lainnya?  Anda bisa mencoba sajian di depot yang satu ini, namanya Al Mutlik  menu andalannya adalah Kambing Oven, depot yang berada di deretan Hotel Kemadjoen, menyajikan  potongan daging kambing oven yang empuk, disajikan bersama irisan bawang merah, cabe dan kecap manis, menu khas Yaman ini pasti membuat petualangan kuliner di kawasan ini menjadi tak terlupakan.(man/iss/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs