Sabtu, 4 Mei 2024

Tujuh Juta Orang Terima Vaksin Booster Pertama di Jawa Timur

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kegiatan vaksinasi booster di Gedung Negara Grahadi dalam rangka gowes bareng sekaligus momentum perigatan 1 Muharram 1444 H, Minggu (31/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama periode 2022 berlangsung, telah menghimpun data capaian vaksinasi booster pertama, yang menyentuh angka tujuh juta dosis.

Capaian booster tersebut menindak lanjuti Surat Edaran (SE) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan, yang tertanggal 12 Januari 2022.

Erwin Ashta Triyono Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Kadinkes Jatim) menyampaikan, jika capaian booster tersebut masih berada di angka sekitar 22 persen, apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Jatim.

“Mengingat bahwa booster ini menjadi bagian penting dalam mengatasi pandemi, maka pemerintah provinsi dan pusat saat ini sedang menggencarkan kembali capaian booster, apalagi kemarin kasus sempat naik,” kata Erwin saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Minggu (31/7/2022).

Kadinkes Jatim itu menjelaskan, ada tiga prinsip dalam sistematika penyebaran booster ke setiap daerah. Pertama, stok vaksin di pusat sudah aman, sehingga tinggal kinerja dari masing-masing daerah dalam mendistribusikannya.

Kemudian yang kedua, vaksinator dari tenaga kesehatan sudah disiapkan untuk melakukan vaksinasi. Ketiga, yakni pengondisian masyarakat supaya paham akan manfaat dan pentingnya booster.

“Regulasi yang baru dari Satgas Covid-19 adalah menerapkan booster kepada pelaku perjalanan jarak jauh, oleh karena itu dengan aturan baru ini kami akan menggencarkan vaksinasi di puskesmas, rumah sakit, ruang publik, dan setiap kali ada momentum,” ujarnya.

Meski dalam aturan baru itu diperuntukkan bagi individu yang berpergian, Erwin berharap masyarakat juga memahami bahwa vaksinasi booster adalah langkah efektif mencegah penularan virus.

Selain itu, upaya Dinkes Jatim untuk melakukan percepatan adalah menggelar vaksinasi booster pada setiap momentum. Salah satunya pada kegiatan gowes bareng dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, yang diadakan di Gedung Negara Grahadi Minggu pagi ini.

“Hari ini kami telah menyiapkan 2.000 vaksin booster dosis satu kepada masyarakat. Stok vaksin di setiap faskes sudah ada, kita tinggal mendistribusikannya kepada masyarakat seperti momentum ini,” pungkasnya. (wld/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs