Sabtu, 20 April 2024

Unesa Luncurkan Aplikasi e-Book Pertama untuk Anak SD Umum dan Berkebutuhan Khusus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menunjukkan aplikasi Pustakanesa di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat (4/11/2022). Foto: Humas Unesa

Tim dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meluncurkan aplikasi Pustakanesa di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Jumat (4/11/2022).

Aplikasi itu dirancang untuk meningkatkan literasi anak-anak usia sekolah dasar (SD) baik yang umum maupun yang berkebutuhan khusus.

Wahyu Sukartiningsih ketua tim pengembangan aplikasi itu mengatakan, Pustakanesa merupakan aplikasi e-book pertama untuk anak-anak usia SD dan anak berkebutuhan khusus.

Aplikasi tersebut hadir untuk mengenalkan dan membiasakan anak-anak membaca buku dengan pengalaman baca yang menyenangkan dan interaktif.

“Anak-anak berkebutuhan khusus selama ini mengalami hambatan membaca buku, karena kurangnya aksesibilitas atau layanan membaca buku yang sesuai kebutuhan mereka. Nah, kami rancang aplikasi ini dengan fitur-fitur khusus,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pustakanesa dirancang dalam berbagai fitur, di antaranya fitur baca, suka dan simpan yang memungkinkan pengguna dapat membaca dan menyimpan buku untuk dibaca di lain waktu.

Buku-buku yang disajikan Pustakanesa tersedia dalam bentuk umum, audio, visual dan ada buku interaktif.

Selanjutnya, ada fitur Audiobook yang dapat digunakan pengguna untuk membaca buku lewat audio atau juga bisa membaca buku sambil menonton visual.

Fitur-fitur audio dan visual itu sangat ramah anak-anak yang tuna netra dan tuna rungu.

“Tentu anak-anak perlu pendampingan orang tua kalau di rumah atau guru kalau di sekolah. Lewat aplikasi ini, anak-anak yang gaya belajarnya lebih ke audio, visual atau audio-visual terakomodasi, termasuk yang disabilitas. Karena itu juga ada bahasa isyarat di dalamnya,” tambahnya.

Aplikasi Pustakanesa, lanjutnya, sudah rampung dan tinggal disiapkan di Play Store dan App Store.

“Dalam waktu dekat, aplikasi ini segera hadir di Play Store serta App Store dan bisa didunduh pengguna,” papar guru besar FIP tersebut.

Tim dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memperkenalkan aplikasi Pustakanesa kepada seorang anak di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat (4/11/2022). Foto: Humas Unesa

Aplikasi Pustakanesa merupakan hasil kerja sama tim dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan Teknologi Pendidikan (TP) yang bersinergi dengan industri dan mitra lainnya.

Pustakanesa lolos kompetisi nasional yang dinaungi program Kedaireka, Ditjen Dikti, Kemendikbudristek.

Bambang Yulianto Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengatakan bahwa aplikasi ini membawa semangat literasi.

Menurutnya, literasi bangsa ini akan berkualitas jika sejak dini anak-anak dibiasakan dengan budaya literasi sesuai umur dan zamannya.

Pustakanesa selain memperluas akses literasi membaca kepada anak usia SD, juga memberikan akses literasi kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus.

“Tadi saya dengar dari timnya, kalau aplikasi ini bukan sekadar aplikasi membaca buku virtual, tapi memberikan pengalaman belajar yang interaktif yang memungkinkan optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak,” ucapnya.

Dia berharap, semakin banyak inovasi lainnya yang dihadirkan tim dosen Unesa untuk menjawab tantangan dan persoalan di tengah masyarakat, tidak hanya berbasis keunggulan di bidang olahraga, seni dan disabilitas, tetapi juga di bidang-bidang lainnya baik pendidikan mau pun non-pendidikan.(iss/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Sabtu, 20 April 2024
Kurs