Senin, 29 April 2024

V2 Kembangkan Extended Reality, Teknologi Masa Depan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Rudi Hidayat founder dan CEO V2 Indonesia (tengah), bersama perwakilan dari Lumens (kiri) dan Hisense (kanan), Kamis (14/7/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

PT V2 Indonesia Indonesia, sebagai distributor utama produk audio high-end asal Amerika Serikat (AS), memperkenalkan teknologi terbaru di acara Now is The Time For XR and Product Showcase of Hisense and Lumens, di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (14/7/2022).

Rudi Hidayat founder dan CEO V2 Indonesia memperkenalkan tentang teknologi Extended Reality (XR). XR sendiri merujuk pada penggunaan teknologi menakjubkan yang memperluas realitas dan menggabungkan dunia nyata dengan virtual.

”Bagaimana menghasilkan suatu gambar yang displaynya imersif. Jadi dengan ukuran LED yang tidak besar tapi seakan kita di ruangan yang besar, itu yang kita sebut extended, bisa memperpanjang maupun melebar ke atas dan ke bawah” jelasnya kepada suarasurabaya.net.

Dengan kata lain, XR berarti sebuah istilah umum yang menggabungkan Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR).

Rudi mengungkapkan, jika sektor hiburan tidak ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi XR ini seperti industri film, iklan, launching product dan sebagainya.

“XR akan menjadikan film menjadi begitu tampak nyata, dan beberapa film barat sudah menggunakan ini seperti Man Versus Bee, Starwars dan banyak film yang sudah menggunakan XR. Selain itu, XR juga sangat mendukung untuk meningkatkan event-event hiburan seperti konser live music,” jelasnya.

Pasar XR sendiri telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, di Singapura sudah ada tiga studio XR, Thailand dua studio XR bahkan di Korea sudah lebih dari 8 studio XR. Di dalam negeri, XR, kata Rudi juga mengalami perkembangan.

“Sejak launching di bulan Maret sudah banyak project yang dikerjakan, dan ke depan kami menargetkan segera mempunyai empat studio XR,” kata Rudi.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs