Senin, 8 Agustus 2022

Viral di Media Sosial, Alun-Alun Surabaya Jadi Tujuan Wisata Warga Luar Kota

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pengunjung berfoto di depan lukisan yang dipamerkan di area basement Alun-Alun Surabaya, Selasa (3/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain anjangsana, tidak sedikit masyarakat yang memilih mengisi waktu liburan di hari Lebaran dengan berwisata. Alun-Alun Surabaya menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat luar kota. Mereka mengetahuinya dari cuplikan video-video yang viral di media sosial.

Buka sejak Desember 2021, Alun-Alun Surabaya yang dibangun dengan banyak spot-spot estetik untuk foto, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak hanya warga Surabaya, tetapi juga masyarakat luar kota. Banyak pula yang kemudian mengabadikan momen dengan membuat cuplikan video-video dan diunggah di sosial media. Pantas saja membuat banyak orang penasaran dan ingin datang ke sana.

Salah satunya, Joko, pria kelahiran Surabaya yang saat ini sudah menjadi warga Jepara. Joko datang bersama keluarganya ke Surabaya untuk merayakan Lebaran. Sengaja, dia sudah berencana untuk mengunjungi alun-alun.

“Sudah tiga tahun tidak mudik, baru ini. Ini baru pertama kalinya ke Alun-Alun Surabaya. Anak saya lihat di Google terus memang ngajaknya ke sini sama nanti mau ke Monumen Tugu Pahlawan. Sekaligus mengisi waktu,” kata Joko saat ditemui suarasurabaya.net di Basement Alun-Alun Surabaya, Selasa (3/5/2022).

Senada dengan Joko, Dewi warga Surabaya juga mengaku baru pertama kalinya datang ke Alun-Alun Surabaya. Dewi sengaja mengisi waktu luang hari kedua Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah dengan jalan-jalan bersama adiknya. Alun-Alun Surabaya menjadi tujuan utamanya setelah melihat dari media sosial.

“Iya dari media sosial, baru ini pertama kali. Dan Alhamdulillah sesuai ekspektasi. Habis dari sini nanti ya paling nge-mal,” ujar Dewi sambir tertawa.

Di Alun-Alun Surabaya yang berada di bawah Balai Pemuda, pengunjung bisa mencoba makanan dan minuman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Food Court, dan menikmati pameran seni yang didominasi seni lukis di area basement Alun-Alun Surabaya. Namun, selama Lebaran ini menurut salah satu petugas yang berjaga di Alun-Alun Surabaya tidak semuanya buka.

“Kelas bahasa, perpustakaan itu tutup. Tapi paling banyak pengunjung bisa tetep ke area basement kok,” ujar salah satu petugas.

Pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022) hampir seribu pengunjung datang ke Alun-Alun Surabaya. Paling banyak mereka datang ketika sore sampai malam hari. Hari ini, diprediksi masih akan sama.

“Ada kalau seribuan rata-rata dari luar kota gatau dari mananya,” ujar petugas.

Dibenarkan Rahman, petugas penjaga parkir Alun-Alun Surabaya dari Dinas Perhubungan Surabaya mengatakan, kemarin sekitar 270-an kendaraan keluar masuk di parkiran.

“Motor itu 150-200-an. Kalau mobil ada 50 sampai 70-an kayaknya. Rata-rata dari Jawa Barat, pelat F, ada pelat B juga (Jakarta dan sekitarnya),” ungkap Rahman. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Kemacetan di Jalan Ahmad Yani

Surabaya
Senin, 8 Agustus 2022
26o
Kurs