Selasa, 27 September 2022

Warga Hadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Balai Kota Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak 100 orang masyarakat ikut menyaksikan prosesi pengibaran Sang Merah Putih di Balai Kota Surabaya. Prosesi berlangsung khidmat diiringi lagu Indonesia Raya.

Ratusan tamu undangan, 100 di antaranya adalah warga Kota Surabaya, sudah hadir di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya sebelum upacara dimulai. Sekitar pukul 07.00 WIB, upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dimulai.

Mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) lengkap, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya selaku inspektur upacara tiba di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya sekitar pukul 07.25 WIB.

Dilanjutkan pembacaan proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Surabaya sekitar pukul 07.30 WIB. Suasana semakin heroik ketika tim Paskibraka memasuki halaman upacara. Sebanyak 99 pasukan yang sebelumnya dikukuhkan pada Senin (15/8/2022) itu tampil lengkap dengan formasi 17, 8, dan 45.

 

Tim Paskibraka tiba di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya untuk mengambil bendera merah putih yang akan dikibarkan, Rabu (17/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Setelah bendera merah putih diserahkan oleh Eri Cahyadi pada petugas pembawa baki, Ananda Muliawan Putri, siswi SMA Santa Maria Surabaya, prosesi pengibaran bendera merah putih dimulai.

Bendera dibentangkan oleh Ananda Ega Rio, siswa SMA KAL 1 Surabaya. Dengan penghormatan seluruh peserta upacara, diiringi lagu Indonesia Raya, Sang Merah Putih dikerek oleh Muhammad Fiki siswa MAN Kota Surabaya.

Usai bendera merah putih berkibar sempurna, seluruh peserta upacara kembali menyaksikan 283 tim paduan suara terpilih dari pelajar Kota Surabaya menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, Rabu (17/8/202). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sekitar pukul 08.30 WIB, upacara selesai digelar. Dilanjutkan dengan beberapa penghargaan yang diberikan oleh Wali Kota Surabaya pada jajaran Forkopimda, juga seremonial penyerahan bantuan beasiswa kuliah pada perwakilan mahasiswa, dan seragam sekolah pada perwakilan siswa-siswi SD dan SMP.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan menggambarkan semangat heroik kemerdekaan.

“Jadi kesan upacara kemerdekaan ini lebih membara semangatnya. Semangat terasa betul dalam upacara ini, lagu-lagu perjuangan, darerah, jadi bagian dari upacara ini. Semoga denga semangat perjuangan HUT RI ke-77 punya semangat luar biasa untuk bangun Kota Surabaya,” kata Eri Cahyadi saat ditemui awak media usai upacara. (lta/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
33o
Kurs