Kamis, 13 Juni 2024

18 Titik Pos Penyekatan di Surabaya Dijaga Petugas, Bundaran Waru Ramai Lancar

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pos pengamanan di area Bunderan Waru atau Cito, Jumat (28/7/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya mengerahkan 1.738 personel untuk mengamankan acara pengesahan salah satu perguruan silat yang dilaksanakan di Kadiklatal, Krembangan, Perak, Surabaya, Jumat (28/7/2023).

AKP Haryoko Widhi Kasi Humas Polrestabes Surabaya menyampaikan, ribuan personel tersebut, terdiri dari TNI, Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.

Dalam pengamanan itu, ia mengatakan, akan dilakukan hingga pukul 05.00 WIB dengan total ada sebanyak 18 titik pos penyekatan yang telah disiapkan oleh Polrestabes Surabaya.

Dari pantauan suarasurabaya.net di Bundaran Waru, yang menjadi salah satu titik pos penyekatan, hingga pukul 20.00 WIB arus lalu lintas berjalan dengan lancar, tidak ditemui konvoi dari perguruan silat. Meskipun begitu, tim gabungan petugas keamanan tetap siaga untuk memastikan kondisi di sekitaran Bundaran Waru aman.

“Kita juga menyiapkan tiga pos unit bergerak dan ada patroli harkamtibmas,” ucapnya, pada Jumat (28/7/2023).

Haryoko mengimbau kepada peserta atau calon PSHT untuk tidak melakukan konvoi, apalagi sudah disediakan transportasi oleh ranting atau rayon sekitar.

“Kepada peserta atau calon warga yang mengikuti pengesahan dilarang membawa bendera dan atribut lainnya yang berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat,” ujarnya.

Sementara, untuk warga pesilat tanpa undangan juga dilarang konvoi ke lokasi. Ia mengajak, agar warga pesilat di rumah saja.

Sedangkan untuk masyarakat, ia mengatakan, jika menemui atau menjumpai konvoi pesilat, agar segera melaporkan ke Kepolisian terdekat demi keamanan.

“Akan dilakukan penindakan secara tegas terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas penyalahgunaan minuman keras, narkoba, senjata tajam dan tindak pidana lainnya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, 18 pos penyekatan tersebut yakni berada di Bundaran Waru atau Cito, Merr Gunung Anyar, Giant Pondok Candra, Lingkar Mas Jambangan, Jembatan Baru Karang Pilang, Simo Wau Jambangan, Terminal Benowo, SP3 Jalan Raya Menganti-Jalan Lakar Santri, Bundaran Karang Poh, TL SP3 Tanjungsari-Tandes, SP5 Romokalisari, SP4 Dupak Demak, SP3 Rajawali-Indrapura, Depan JMP Plaza, SP4 Pegirian-Kapasan, SP4 Kapasan-Kenjeran, TL SP3 Tambak Rejo, dan SP4 Kedungcowek.

Sementara untuk tiga pos unit bergerak, berada di Pos Siola Jalan Tunjungan, Pos Depan KBS Jalan Diponegoro dan Pos Patung Kuda Jalan HR Muhammad.(ris/wld/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
26o
Kurs