Minggu, 25 Februari 2024

Akhir November Kota Tua Surabaya Dihidupkan, Gedung-Gedung Mangkrak Disulap

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Lukisan Arsitektur bangungan Heritage di Jalan Tunjungan, Surabaya, Minggu (3/9/2023) Foto : Doc suarasurabaya.net Lukisan Arsitektur bangungan Heritage di Jalan Tunjungan, Surabaya, Minggu (3/9/2023) Foto: Dok suarasurabaya.net

Akhir November, Suroboyo Kutho Lawas atau Wisata Kota Tua Surabaya di wilayah utara akan dihidupkan lagi. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memastikan rencana itu akan terealisasi.

Hal tersebut diperkuat dengan dukungan Erick Thohir Menteri BUMN yang menghidupkan gedung tua Kantor Pos Pusat Surabaya, jadi ruang kreatif publik.

“Pak Menteri menyampaikan untuk program yang saya lakukan untuk kota tua dan koneksi dengan gedung BUMN lainnya yang akan bergerak profesional, seperti Kantor Pos Surabaya. pasti akan digerakkan milenial Kota Surabaya untuk keyakinan industri kreatif,” beber Eri, Sabtu (18/11/2023).

Namun gedung tua di kawasan Surabaya Utara dekat Jembatan Merah tak hanya Kantor Pos, banyak bangunan milik BUMN yang sudah mangkrak tak terpakai.

“Ada beberapa yang sudah saya sampaikan ke Pak Menteri (Erick Thohir). Tanggapan Menteri luar biasa langsung memberikan support Surabaya,” jelasnya.

Eri menyebut akan menyulap gedung-gedung mangkrak itu menjadi pusat kreativitas anak muda mirip Pos Bloc, yang baru saja diresmikan di Kantor Pos Pusat Surabaya.

“Bangunan lama yang ada di Surabaya ada di daerah Jembatan Merah, rata-rata milik BUMN. Makanya saya izin ke Menteri untuk bisa digunakan seperti Pos Bloc,” imbuhnya.

Sesuai rencana awal, kota tua itu akan dihidupkan lagi November akhir. “Insyaallah akhir November,” tegasnya.

Sebelumnya, Kamis (16/11/2023) lalu, Erick Thohir Menteri BUMN minta jajarannya mencatat gedung mana saja yang bisa disinergikan untuk penghidupan lagi kota tua.

“Tolong catat bangunan BUMN mana untuk disinegikan dengan Kota Tua Surabaya. Banyak sekali aset BUMN dikerjasamakan dengan UMKM,” ujarnya usai meresmikan Pos Bloc di Surabaya. (ita/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs