Jumat, 26 April 2024

Antisipasi Dampak Musim Hujan, Warga Jagir Surabaya Lakukan Perantingan dan Membersihkan Selokan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Warga Kelurahan Jagir Kecamatan Wonokromo yang tergabung dalam RT 6 RW 10 saat melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak, pada Minggu (8/1/2023). Foto: Risky suarasuarabaya.net

Puluhan warga RT 6 RW 10 Kelurahan Jagir Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, hari ini, Minggu (8/1/2023), melakukan kerja bakti massal bertajuk “Surabaya Bergerak”, di sepanjang Jalan Tales I dan II, serta di belakang gang pemukiman warga.

Supriyadi Ketua RT 6 Jagir mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini langsung membersihkan dua titik sekaligus.

“Kami punya metode baru yang biasanya di belakang saja untuk kerja bakti. Hari ini kami juga lakukan untuk di jalan raya,” ucapnya kepada suarasuarabaya.net, di lokasi kerja bakti.

Kata Supriyadi, di sepanjang Jalan Tales, warga melakukan perantingan pohon yang sudah terlihat lebat, dan membersihkan sampah-sampah di sekitar area jalan.

“Di bagian belakang, kami membersihkan selokan-selokan yang macet agar terbebas dari kotoran. Sehingga lingkungan bersih dan indah,” ucapnya.

Sementara itu, Munir Ketua RW 10 mengatakan, kerja bakti itu juga upaya untuk mengantisipasi timbulnya penyakit yang disebabkan lingkungan kotor.

“Juga untuk mengantisipasi adanya hujan yang sangat deras agar tidak mengganggu warga,” ungkapnya.

Perantingan pohon yang dilakukan warga bersama petugas di area Jalan Tales I Kelurahan Jagir Kecamatan Wonokromo Surabaya, Minggu (8/1/2023). Foto: Risky suarasuarabaya.net

Lebih lanjut, Munir mengatakan ke depan selain membersihkan lingkungan, warga juga akan memperbaiki infrastruktur yang sudah tidak layak.

“Karena infrastruktur kami banyak yang rusak, seperti paving, kemudian tempat sampah, saluran got ini juga kecil sekali jadi sangat mengganggu kalau tidak dibersihkan,” imbuhnya.

Dia berharap, ke depan kerja bakti itu dapat terus berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi warga Surabaya, khususnya RT 6 RW 10.

“Semoga dengan bersih-bersih ini dapat memberikan yang terbaik, lingkungan terus terjaga, dan warga semakin solid,” pungkasnya.

Usai kerja bakti, sampah yang terkumpul baik asedimen selokan mau pun hasil perantingan langsung diangkut Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menggunakan truk.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs