Sabtu, 13 Juli 2024

Audit Kebakaran Depo Plumpang Harus Libatkan Lembaga Independen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Diah Nurwitasari anggota Komisi VII DPR RI. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Diah Nurwitasari Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS mendorong Nicke Widyawati Direktur Utama PT Pertamina agar segera melakukan investigasi peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Diah menyampaikan hal itu dalam diskusi dialektika demokrasi di Media Center Parlemen Senayan Jakarta, Kamis,(9/3/2023).

Dialog dengan tema ,’Tragedi Depo Pertamina Plumpang, Apa Solusinya’ itu dihadiri Yayat Supriatna Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti dan Andre Rosiade Anggota Komisi VI DPR RI dari fraksi Gerindra yang hadir secara virtual.

Menurut Diah, investigasi itu penting, mengingat musibah tersebut memiliki dampak yang luas baik terhadap PT Pertamina terkait asset negara maupun terhadap masyarakat yang telah menjadi korban dalam peristiwa itu.

Komisi VII DPR RI dalam hal ini juga telah berdiskusi dengan pihak PT Pertamina terkait insiden itu.

“Dalam diskusi kami dengan Pertamina, memang ini masih dilakukan investigasi ya,” beber Diah.

Meskipun demikian, Diah mengaku kebakaran atau kecelakaan yang terjadi baik di Kilang maupun Depo PT Pertamina memang bukan pertama kali terjadi. Namun sudah terjadi beberapa kali dan selalu dikatakan sudah diinvestigasi.

“Saya juga tanya, mana hasil investigasinya, karena hasil investigasi itu juga menjadi sesuatu yang harus disampaikan pada publik dan juga menjadi bahan evaluasi,” tandas Diah.

Sementara menurut Diah, dari pihak Pertamina sendiri menyampaikan bahwa memang setiap investigasi itu selalu melibatkan pihak independen.

“Jadi artinya, pihak internalnya ada dan menurut saya memang seharusnya demikian, memeriksa itu kan tidak bisa diri kita sendiri yang memeriksa, harus ada orang lain,” pungkas Diah Nurwitasari.

Sementara itu, Andre Rosiade mengusulkan kepada pemerintah dan PT Pertamina agar melakukan evaluasi atas insiden tersebut.

“Kami Komisi VII DPR sudah meminta Pertamina dan Pemerintah untuk melakukan evaluasi dan kajian tempat Depo tersebut. Selain di luar investigasi yang harus dilakukan, penyebabnya seperti apa dan juga bagaimana Pertamina harus mempertanggungjawabkan kepada para korban,” tegas Andre.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
23o
Kurs