Minggu, 21 April 2024

Bentuk Forum Geopark, Khofifah Target Tingkatkan Potensi Wisatawan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur membentuk forum geopark untuk mendorong pariwisata di Jatim. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur membentuk Forum Geopark untuk mendukung pengembangan lingkungan dan cagar alam yang menjadi kekayaan alam di Jawa Timur (Jatim) serta untuk meningkatkan potensi wisatawan.

Pembentukan Forum Geopark itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jatim No. 188/143/KPTS/013/2023 tentang Forum Geopark di Jatim.

Lewat Kepgub ini, Khofifah memasang target untuk pengoptimalan geopark yang juga berpotensi jadi bagian akselerasi pembangunan yang berkelanjutan.

“Sehingga, geopark di Jatim bisa terkelola dengan baik dan terawat secara berkelanjutan,” ujar Khofifah pada Minggu (23/7/2023).

Khofifah menuturkan, Jatim punya sejumlah geopark dengan potensinya masing-masing. Bahkan ada sudah ditetapkan Unesco, yaitu Gunung Ijen.

“Karenanya, agar perencanaan, pengawasan pengembangan, dan pengelolaan geopark berjalan maksimal maka kita membentuk satu forum khusus,” ungkapnya.

Melalui forum itu, sejumlah pemangku kepentingan yang terlibat dalam manajemen geoprak bakal tukar gagasan untuk proses pengajuan dan penilaian global geopark.

Contohnya, mulai dari penyusunan rencana pengembangan hingga evaluasi terhadap kegiatan pengembangan geopark. Melalui forum yang saling tersinkronisasi ini, Khofifah berharap bisa mengoptimalkan potensi geopark.

Sehingga, proses pengajuan global geopark lebih cepat. Bahkan jika pengembangan di masing-masing geopark berjalan baik, maka berpotensi menambah geopark lain di Jatim. Dan mendongkrak potensi kekayaan alam di provinsi ini.

“Jadi di Jatim sudah ada yang menjadi geopark nasional seperti geopark nasional Bojonegoro. Tapi ada juga yang masih proses menuju geopark nasional. Untuk menuju global geopark harus ada rekomendasi Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI),” jelasnya.

Sebagai informasi, di Forum Geopark Jatim tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim berperan sebagai Pengarah. Kemudian Sekdaprov Jatim berperan sebagai penanggung jawab. Dan Ketua Forum Geopark dijabat Kepala Bappeda Jatim.

Sesuai Kepgub itu, Forum Geopark Jatim beranggotakan para pengelola geopark di Jatim, mulai Unesco Global Geopark Ijen, Unesco Global Geopark Gunung Sewu, Geopark Nasional Bojonegoro, Aspiring Geopark Nasional Tulungagung, Aspiring Geopark Malang, Aspiring Geopark Bawean Gresik, dan Aspiring Geopark Bromo Tengger Semeru. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
27o
Kurs