Kamis, 28 Maret 2024

BMKG Memprakirakan Hari Ini Hujan dan Angin Kencang Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hari ini, Minggu (22/1/2023), hujan deras disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Peringatan dini cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, kondisi itu antara lain berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Lalu, di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga deras berpeluang terjadi di Jabodetabek sampai bulan Februari 2023.

“Ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan,” ujarnya seperti dilansir Antara, Minggu (22/1/2023).

Faktor pemicu peningkatan hujan di Jabodetabek, lanjut Guswanto, antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator, dan Madden Jullian Oscillation (MJO) yang diprakirakan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera pada akhir Januari.

“Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya,” imbuhnya.

Guswanto menambahkan, selama perayaan Imlek tahun 2023, kemungkinan hujan dengan intensitas ringan sampai sedang serta hujan deras dalam durasi singkat terjadi di bagian wilayah Jabodetabek pada siang menjelang sore.

“Potensi hujan masih harus diwaspadai, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi singkat,” tandasnya.(ant/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs