Sabtu, 20 April 2024

BMKG Prakirakan Hari Ini Surabaya dan Sidoarjo Diguyur Hujan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat akan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur hari ini, Minggu (26/3/2023).

Dalam keterangan resminya, BMKG memprediksi pada pagi hari cuaca tersebut akan turun di wilayah Magetan, Trenggalek, Kota Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Kemudian siang-sore hari meluas di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Keadaan itu diprakirakan berlanjut pada malam hari untuk wilayah Nganjuk, Kota Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi.

Suhu udara hari ini berada di kisaran 15 – 34 °C, kelembapan udara 60-100 persen, dan angin dominan dari timur laut-timur dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Selanjutnya untuk prakiraan kondisi cuaca maritim di sebagian wilayah perairan Jawa Timur, hari ini berpotensi terjadi hujan intensitas ringan hingga sedang.

BMKG Maritim Jatim meminta masyarakat mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.

Arah angin perairan Jatim didominasi dari barat laut-utara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 14 knots (26 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (22 km/jam).(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs