Kamis, 2 Mei 2024

BMKG Segera Olah Hasil Seismograf Suara Ketukan di Sumenep

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas gabungan dari TNI/Polri bersama tokoh masyarakat meninjau lokasi kemunculan fenomena suara mirip ketutan di Sumenep. Foto: KarimataFM

Tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan mengantongi data hasil seismograf di fenomena suara ketukan dari dalam bumi di Sumenep.

“Kami sudah dapatkan data dari seismograf dan masih diunduh. Ini tentu butuh analisa dan waktu untuk dikaji lebih komprehensif,” kata Suwarto Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan dilansir Antara pada Senin (14/8/2023).

Suara mirip ketukan dari dalam bumi menggegerkan warga di Dusun Tengah RT.07/RW.02, Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep pada Sabtu (12/8/2023) lalu.

Fenomena itu, sebagaimana rilis dari Polres Sumenep, terdengar dan terasa di lima rumah warga setempat dengan durasi waktu selama 45 menit sejak pukul 09.45 WIB hingga 10.30 WIB.

BMKG Sumenep langsung berkoordinasi dengan tim geofisika BMKG dan selanjutnya personel dari BMKG Pasuruan turun ke lokasi guna observasi pada Minggu (13/8/2023).

Mereka lalu memasang seismograf di lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah itu untuk pengambilan data.

“Kami mohon waktu untuk menganalisa dan mengolah data dari seismograf. Mohon waktu agar hasilnya komprehensif. Kami juga berharap warga tetap tenang. Masih aman,” kata Suwarto.

Suwarto menjelaskan, sejak seismograf dipasang pada Minggu sore hingga Senin siang, tidak terdengar lagi suara dan getaran dari dalam tanah sebagaimana yang terjadi pada Sabtu pagi. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs