Kamis, 30 Mei 2024

Cegah Tawuran Pelajar, Smatag Gelar Lomba Non-Akademik se-Surabaya Raya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana lomba paskibraka di Smatag Surabaya, pada Sabtu (11/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka mencegah tawuran pelajar, SMA 17 Agustus 1945 Surabaya (Smatag) pada Sabtu (11/2/2023), menggelar berbagai macam lomba non akademik di kalangan SMP se-Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo)

Ipung Indarto Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan ada tiga kategori yang dilombakan di gedung dan lapangan Smatag itu, yakni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Akustik dan Futsal.

“Mengingat kadang-kadang masih bermunculan sesuatu yang tidak positif, misalnya gangster yang lagi rame-rame ini, kebanyakan dari anak-anak SMP. Nah, makanya kami memberikan wadah dengan kegiatan yang positif,” ucapnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa lomba tersebut juga sebagai upaya Smatag memberi kesempatan pada pelajar untuk fokus mengembangkan bakatnya, dari pada memilih aktivitas yang merugikan.

“Jadi, kami memberikan wadah untuk mengasah talenta mereka, untuk kedepanya agar talena itu bisa diasah terus di tingkat selanjutnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ipung menjelaskan lomba yang diadakan meski non-akademik diyakini mampu berdampak positif pada pelajar zaman sekarang.

Sementara itu, Prehantoro Kepala Sekolah Smatag menyebut, diadakannya lomba tersebut juga untuk memberi bekal kepada pelajar untuk terus melakukan aktivitas yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

“Untuk memberi bekal pada anak-anak, memberi inspirasi dan motivasi, agar lebih disiplin, sehingga ke depan bisa lancar dan tetap tertib untuk mencapai kesuksesan,” ungkapnya.

Prehantoro berharap, dengan kegiatan seperti itu para pelajar ke depan dapat konsisten untuk mengasah bakat dan keterampilan yang dimiliki, sehingga tidak ada lagi kegiatan seperti tawuran.

Sebagai diketahui, perlombaan tersebut, untuk paskibraka diikuti oleh sebanyak 28 sekolah, kemudian akustik diikuti oleh 12 sekolah dan futsal diikuti oleh 32 sekolah. (ris/bil/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs