Minggu, 28 April 2024

China akan Kirim Utusan Khusus ke Ukraina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Xi Jinping Presiden China menyampaikan pandangannya saat pembukaan KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Foto: Antara

Pemerintah China akan mengirimkan utusan khusus ke Ukraina, hal tersebut disampaikan Presiden Xi Jinping kepada Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina melalui sambungan telepon pertama pada Rabu (26/4/2023), sejak Rusia mulai melakukan agresi di negara itu tahun lalu.

“China konsisten dan jelas atas kesiapannya membangun hubungan bilateral dengan Ukraina. Kedua pihak perlu meneruskan tradisi saling menghormati dan ketulusan, dan membawa kemitraan strategis China-Ukraina lebih jauh,” ujar Xi kepada Zelenskyy, menurut Hua Chunying juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Xi mengulangi posisi China atas krisis Ukraina, seraya mengatakan, “China selalu berada di sisi perdamaian.”

“Sikap utama Beijing adalah memfasilitasi pembicaraan perdamaian,” kata Xi.

Sebagai anggota permanen Dewan Keamanan PBB dan negara besar yang bertanggung jawab, China tidak akan tinggal diam, atau memperuncing keadaan, apalagi mengeksploitasi keadaan untuk kepentingan sendiri, ujar Presiden Xi pada Zelenskyy.

Menekankan dialog dan negosiasi sebagai satu-satunya jalan maju yang layak, Xi juga menyampaikan  bahwa China akan mengirimkan Perwakilan Khusus Pemerintah China untuk Urusan Indo-Eropa ke Ukraina dan negara lain untuk mengadakan komunikasi mendalam dengan semua pihak tentang penyelesaian politik krisis Ukraina.

“Diharapkan semua pihak dengan serius menggambarkan krisis Ukraina dan bergabung mencari cara untuk memberikan perdamaian dan stabilitas abadi di Eropa melalui dialog,” tambah Xi mengutip dari Antara.

Sebagai tanggapan, Zelenskyy mengatakan pembicaraan telepon dengan Xi “panjang dan bermakna”.

“Saya melakukan percakapan telepon yang panjang dan bermakna dengan pemimpin China Xi Jinping. Saya yakin pembicaraan itu, dan juga penunjukan Duta Besar Ukraina untuk China, akan memberikan dorongan kuat terhadap perkembangan hubungan bilateral kami,” tulis Zelenskyy di Twitter.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs