Senin, 29 April 2024

Dubes RI Berharap APIJ Mampu Perkuat Hubungan Ekonomi Indonesia dan Jepang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ) di kantor BNI Tokyo, Kamis (27/4/2023). Foto: KBRI Tokyo

Heri Akhmadi Duta Besar RI berharap bahwa Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ) mampu menjadi basis penguatan hubungan kerja sama ekonomi Indonesia–Jepang.

Harapan tersebut, disampaikan lewat sambutan Heri Akhmadi yang dibacakan Meinarti Fauzie Koordinator Fungsi Pensosbud dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 APIJ di kantor BNI Tokyo, Kamis (27/4/2023).

“Momen ini kiranya dapat semakin memantapkan langkah kita bersama untuk memanfaatkan berbagai peluang kerja sama ekonomi yang ada sebagai bagian dari dukungan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Saya berharap APIJ dapat menjadi basis kuat untuk hubungan dan kerja sama yang lebih erat dan konkret di masa mendatang demi kesuksesan dan kesejahteraan Indonesia dan Jepang,” demikian sambutan dari Dubes Heri.

Dalam sambutannya juga, Dubes Heri menyebutkan KBRI Tokyo akan selalu siap mendukung berbagai upaya peningkatan pemberdayaan pengusaha Indonesia di Jepang. Sekaligus, berkomitmen untuk memfasilitasi agar terdapat lebih banyak lagi pelaku bisnis Indonesia yang masuk ke pasar Jepang.

Tan Ui Sian Ketua APIJ, mengapresiasi dukungan penuh dari KBRI Tokyo terhadap keberadaan APIJ.

“Tujuan kami yang utama adalah mendukung hubungan ekonomi Indonesia Jepang termasuk juga dalam kerja sama sosial budaya. Selain itu juga kami memfasilitasi sinergi sesama anggota. Dukungan KBRI Tokyo kepada APIJ sangat luar biasa. Kami selalu dilibatkan oleh KBRI Tokyo dalam setiap kegiatan. Dengan demikian kami dapat lebih banyak kontribusi dalam penguatan hubungan Indonesia – Jepang,” terangnya.

Sementara Yamazaki, Direktur Eksekutif JAPINDA, menekankan agar APIJ dapat lebih memperluas hubungan kerja sama bukan hanya dengan antar pengusaha tetapi juga dengan Federasi Bisnis Jepang (Keidanren) dan berbagai asosiasi bisnis di Jepang.

Dalam peringatan HUT APIJ tersebut, juga dilakukan penandatanganan MoU Coorporate Branding Garuda Indonesia Tokyo dengan BNI Tokyo.

Dalam keterangan resmi KBRI Tokyo, penandatangan kerja sama dua BUMN Indonesia itu, dilakukan oleh Sonny Syahlan General Manager Garuda Indonesia di Tokyo dengan Yudhi Zufrial General Manager BNI Tokyo dan disaksikan oleh John Tjahjanto Boestami ​Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Wakepri) untuk Jepang.

“Program kerja sama ini merupakan suatu produk yang bisa digunakan dan sangat bermanfaat untuk WNI di Jepang. Selain itu tentunya juga punya andil kita memajukan dua BUMN kita BNI dan Garuda,” terang Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami.

Kerja sama antara Garuda Indonesia Tokyo dengan BNI Tokyo tersebut, dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi WNI di Jepang pengguna jasa BNI Remittance Card Service guna mendapat fasilitas dari Garuda Indonesia.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs