Senin, 29 April 2024

Filipina Ajukan CoC Baru untuk Wilayah Sengketa Laut China Selatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sembilan Garis Putus-putus" (berwarna hijau) yang menandakan klaim Republik Rakyat China di Laut China Selatan, berdasarkan peta yang dibuat CIA pada 1988. Foto : Antara

Filipina telah mengajukan pedoman tata perilaku baru bagi kestabilan dan perdamaian di wilayah sengketa Laut China Selatan.

Usulan Manila muncul setelah Ferdinand Marcos Presiden merasa prihatin mengenai negosiasi yang berkepanjangan antara negara-negara Asia Tenggara dan China tentang Pedoman Tata Perilaku Laut China Selatan (CoC), menurut Kantor Berita Filipina.

“Kami saat ini tengah melakukan negosiasi pedoman tata perilaku kami sendiri, misalnya dengan Vietnam karena kami masih menunggu CoC antara China dengan ASEAN (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) dan perkembangannya sayangnya sedikit lambat,” ujar Marcos dalam acara Pusat Studi Keamanan Asia-Pasifik di Honolulu, Hawaii yang dilansir Antara, pada Senin (20/11/2023).

“Jadi kami mengambil inisiatif untuk mendekati negara-negara di sekitar ASEAN, dengan siapa kita mempunyai konflik teritorial,” tambahnya.

Marcos juga mencari dukungan dari negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia untuk membentuk kode etik kelautan yang akan menjaga perdamaian di Laut China Selatan.

Sengketa wilayah di Laut China Selatan melibatkan konflik klaim pulau dan maritim di wilayah itu oleh beberapa negara berdaulat, seperti China, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

Deklarasi Perilaku Para Pihak (DoC) Laut China Selatan adalah perjanjian perilaku Laut China Selatan yang ditanda tangani oleh ASEAN dan China pada bulan November 2002, menandai pertama kalinya China menerima perjanjian multilateral mengenai masalah ini.(ant/and/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs