Kamis, 28 Maret 2024

Gelar Pentas Anak di Surabaya, Kemendikbudristek Wacanakan Gerakan Nasional Cinta Lagu Anak

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Puluhan anak-anak Indonesia tampil dalam pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang digelar Kemendikbud Ristek RI di Balai Budaya Surabaya, Kamis (6/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mewacanakan cinta lagu anak menjadi gerakan nasional.

Salah satunya berangkat dari sosialisasi lagu anak lewat pentas seni yang digelar keliling di setiap kota, seperti pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di Balai Budaya Alun-Alun Surabaya, Kamis (6/4/2023).

Edi Irawan Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek mengatakan, upaya itu untuk memperkuat keberadaan lagu anak Indonesia. Ia prihatin, kalau lagu-lagu remaja dan dewasa justru menjajah anak-anak kecil.

“Jadi kajian kita selama 20 tahun terakhir, kita kekurangan lagu anak yang sesuai tumbuh kembang anak-anak sendiri. Bahkan kita disuguhi anak-anak kecil nyanyi lagu orang tua yang tidak sesuai psikis mereka,” kata Edi saat ditemui suarasurabaya.net di Alun-Alun Surabaya.

Di tahun keempat, sambungnya, KILA sudah memproduksi 16 lagu anak yang dikemas dengan aransemen masa kini, agar bisa menarik kesukaan anak.

“Ternyata gak cuma lagunya (anak) yang gak ada. Tapi pencipta lagunya juga minim, Ibu Sud dan lainnya udah gak ada. Ditambah lagi, semakin surut idola-idola cilik. Jadi kegiatan KILA yang paling inti adalah lomba cipta lagu, menyanyinya, aransemen,” sambung Edi.

Dia berharap melalui pesan yang terkandung dalam lirik lagu-lagu tersebut bisa memupuk kepribadian anak. “Semua lagu-lagu tadi pesannya tentang guru, persahabatan, lingkungan, dan orang tua. Salah satu target kita agar anak-anak ikut lomba menyanyi tahun ini,” tambahnya.

Terakhir, Edi minta pemerintah kabupaten dan kota sebagai penanggungjawab sekolah tingkat PG dan SD untuk membiasakan pemutaran lagu anak ke para siswanya. “Pada saatnya, kita ingin ini jadi gerakan nasional,” tandasnya.

Sekedar diketahui, puluhan anak PG hingga SD turut dalam pentas lagu anak di Balai Budaya hari ini. Pentas itu disaksikan ratusan anak-anak yang turut semarak menyanyi dan menari di atas panggung diujung acara. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs