Jumat, 14 Juni 2024

KSAL Lantik 217 Perwira Muda TNI AL, Tekankan Karakter dan Kepemimpinan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
KASAL Lantik 217 Perwira Muda TNI AL di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, pada Senin (6/11/2023). Foto: Kodiklatal KASAL Lantik 217 Perwira Muda TNI AL di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, pada Senin (6/11/2023). Foto: Kodiklatal

Sebanyak 217 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan LIII/53 Tahun Ajaran 2023 resmi dilantik di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Senin (6/11/2023).

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) mengatakan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian yang penting dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL.

“Oleh karena itu, Pendidikan Perwira adalah investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut,” ucapnya dalam amanat pelantikan.

Pendidikan perwira Kodiklatal, kata dia, harus membentuk prajurit Jalasena yang profesional, modern dan tangguh untuk menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia mengatakan bahwa status strata keperwiraan tidak hanya terlihat dari pangkat yang disandang di bahu para perwira, tetapi dari karakter yang tertanam di dalam diri dan perilaku keseharian.

“Jadilah teladan yang baik, kebanggaan, andalan dan pelindung bagi anak buah. Buktikan bahwa kalian layak berada pada strata yang lebih tinggi dari sebelumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, sebagai pemimpin pada strata Perwira, ia menekankan agar bisa bertindak dengan sigap, cermat dan menjadi motor penggerak di satuan tempat para Perwira bertugas..

“Jangan lupa, selalu syukuri dan pegang amanah serta tunjukkan profesionalisme dalam bekerja,” tuturnya.

Sebagai informasi, dari seluruh perwira muda itu, 202 merupakan siswa pria dan 15 siswa wanita, dengan rincian Korps Pelaut 43 orang, Korps Teknik 34 orang, Korps Elektronika 23 orang, Korps Suplai 22 orang (17 Pria dan 5 Wanita), Korps Marinir 25 orang, Korps Kesehatan 34 orang (27 Pria dan 7 Wanita), Korps Khusus 14 orang (11 Pria dan 3 Wanita), Korps Pomal 18 orang, dan Korps Hukum 4 orang. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
30o
Kurs