Jumat, 26 April 2024

Mahasiswa AMN Ikut Kerja Bakti Surabaya Bergerak di Siwalankerto

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah mahasiswa dari Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) membersihkan saluran air saat kerja bakti bertajuk Surabaya Bergerak di Kelurahan Siwalankerto, Surabaya, Minggu (12/3/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Gerakan kerja bakti dalam rangka Program Surabaya Bergerak, dilakkukan Warga RW 4 Kelurahan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/3/2023).

Kerja bakti di wilayah itu mendapatkan bantuan para mahasiswa dari Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya.

Rohit Kabes Mahasiswa AMN menyatakan dengan ikut turun kerja bakti, dirinya mendapatkan sejumlah manfaat berupa seperti bisa berbaur dengan masyarakat setempat, dan menjaga lingkungan sekitar.

“Kebersihan itu sebagian dari iman, jadi kita harus bersih-bersih supaya hidup nyaman,” ujar mahasiswa asal Papua Barat itu kepada suarasurabaya.net.

Salah satu Mahasiswa AMN memasukkan sampah hasil dari pembersihan saluran air ke dalam glangsing saat kerja bakti di Kelurahan Siwalankerto, Surabaya, Minggu (12/3/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Sementara itu, Mayor Iwan Apuan Komandan Rayon Militer (Danramil) Wonocolo menjelaskan, keikutsertaan mahasiswa AMN merupakan bentuk bela negara juga partisipasi terhadap masyarakat setempat.

“Karena mereka (mahasiswa AMN) memiliki rasa tanggung jawab terhadap bangsa ini. Juga bentuk kecintaan mereka terhadap NKRI,” sebutnya.

Kemudian, dia bilang adanya Program Surabaya Bergerak bermanfaat membangun kesadaran masyarakat untuk lebih perhatian menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Mahasiswa AMN mengumpulkan bekas potongoan rumput saat kerja bakti di Kelurahan Siwalankerto, Surabaya, Minggu (12/3/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Di tempat yang sama, Kusmanto Ketua RT 4 RW 4 Kelurahan Siwalankerto mengatakan mahasiswa dari AMN mengikuti kerja bakti di wilayahnya atas inisiatif sendiri.

“Partisipasi dari AMN atas inisiatif mereka. Sudah dua kali ini mahasiswa asrama ikut turun membersihkan lingkungan,” katanya

Dia menambahkan, kehadiran para mahasiswa dari AMN sangat membantu jalannya kegiatan kerja bakti di wilayahnya. Menurutnya, bantuan itu juga membuat kerja bakti semakin cepat dan mudah.

Sekadar informasi, agenda utama kerja bakti yang digerakkan warga RT 4 RW 4 Kelurahan Siwalankerto hari ini adalah membersihakan sampah-sampah yang menyumbat saluran air sebagai bentuk pencegahan atau antisipasi bencana banjir.

“Saya berharap Surabaya Bergerak ini terus berlanjut supaya lingkungan tetap terjaga dan menghindari bencana-bencana seperti banjir,” tutup Kusmanto.(ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs