Senin, 29 April 2024

Menperin Sebut Hasil Audit Terkait KRL Selesai Dalam 10 Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian. Foto: Antara

Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian (Menperin) mengatakan hasil pemeriksaan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait impor Kereta Rel Listrik (KRL), akan selesai dalam 10 hari.

“Insyaallah dalam waktu 10 hari selesai dan bisa dilihat. Audit kemampuan Inka (PT Inka) baik itu keuangan, kemampuan teknologi, juga audit mengenai armada. Baru kita lihat semua dari audit menyeluruh itu dan kita putuskan berapa banyak yang kita (impor),” kata Menperin usai pembukaan IFEX 2023 di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Dalam laporan Antara, Agus menyampaikan hasil audit dari BPKP akan menentukan keputusan pemerintah untuk mengimpor KRL atau hanya retrofit, yang berarti menambah teknologi atau fitur baru pada sistem lama.

Menurut Agus, pemerintah lebih memprioritaskan melakukan retrofit. Sebab, hal ini dianggap dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja Indonesia.

“Pemerintah prioritaskan retrofit. Dari hasil audit kita lihat bisa berapa banyak yang kita retrofit. Sebanyak-banyaknya kita retrofit. Tapi lihat juga kemampuan retrofitnya apa terbatas, maka ada pilihan hybrid, retrofit dan impor,” kata Agus.

Lebih lanjut, BPKP sudah ditugaskan ke Jepang untuk melakukan audit. Menurut Agus, yang bisa dilakukan saat ini adalah menunggu hasil akhirnya.

“Udah ditugaskan. Dalam rapat sudah diputuskan, kepala BPKP-nya juga sudah ada. Jadi semua tunggu audit ya,” kata Agus. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs