Minggu, 28 April 2024

Nadiem Makarim Minta Mahasiswa Keluar dari Zona Nyaman untuk Meraih Kesuksesan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkapan layar Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia dalam South East Asia Policy Dialogue on Early Childhood Care and Education (SEA PD on ECCE) di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Foto: Antara

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) meminta mahasiswa di Indonesia berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman untuk meraih kesuksesan.

“Tidak ada kesuksesan tanpa keberanian mengambil risiko. Keluarlah dari zona nyaman, lakukan hal-hal sulit dan baru,” ujar Nadiem di Kampus Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, dilansir dari Antara pada Senin(18/9/2023) malam.

Nadiem berpesan agar para mahasiswa tidak sekadar sibuk belajar di kampus.

“Jangan cuma belajar di kampus saja namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial,” kata dia.

Lebih dari itu, menurut Nadiem, mereka juga harus mampu mengidentifikasi minat dan bakatnya sesuai dengan hati nurani.

“Kesuksesan harus didefinisikan kalian masing-masing. Jangan pakai kriteria orang lain nanti sengsara,” tutur Menteri itu di hadapan para mahasiswa.

Untuk bisa mengasah ilmu yang didapat di kampus selama masa perkuliahan, Nadiem mengajak mahasiswa masuk ke platform Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sehingga bisa langsung memilih program yang diminati atau mencoba pembelajaran di luar prodi untuk melengkapi keahlian sesuai cita-cita.

“Kamu juga bisa proaktif datang ke prodi di kampus mengajukan gagasan program MBKM mandiri sesuai dengan kondisi kampus,” katanya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs