Sabtu, 15 Juni 2024

Pengunjung Romokalisari Adventure Land Capai 1.000 Orang Per Hari

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pengunujung sedang mencoba fasilitas wisata ATV di Romokalisari Adventure Land, Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Pengunjung destinasi wisata Romokalisari Adventure Land mencapai 1.000 orang per hari saat momen libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Antiek Sugiharti Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Petanian (DKPP) Kota Surabaya mengatakan bahwa rata-rata pengunjung yang berwisata ke Romokalisari Adventure Land saat libur Lebaran mencapai 750 hingga 1.000 per harinya.

“Peningkatannya (pengunjung) mencapai sekitar 100 hingga 200 persen dibandingkan sebelum Hari Raya Idulfitri 1444H,” kata Antiek Sugiharti melalui keterangan tertulis, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya, Ia mengatakan, puncak kujungan wisatawan di Romokalisari Adventure Land terjadi pada H+2 dan H+3 Lebaran atau tepatnya pada 24-25 April 2023. Ia menambahkan, pengujung yang datang juga banyak yang berasal dari luar Surabaya.

Antiek menerangkan, saat ini di Romokalisari Adventure Land tersedia delapan wahana wisata, terdiri dari Playground, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV, Kano, Sekoci besar dan kecil hingga Jetski. ATV dan wahana perahu paling diminati pengunjung.

Selain itu, pengunjung Romokalisari Adventure Land juga bisa melihat aneka satwa burung yang berada di kompleks wahana Mini Zoo. Setidaknya ada delapan jenis burung atau unggas yang mengisi koleksi Mini Zoo di sana.

Sejumlah burung itu terdiri dari Jalak Hitam ada 6 ekor, Jalak Suren 6 ekor, Burung Murai 6 ekor, Burung Nuri 6 ekor, Burung Falk (Parkit Australia) 6 ekor, Burung Kepodang 6 ekor, Burung Gelatik ada 6 ekor dan Ayam Golden Peasant ada 3 ekor.

Selain burung, Mini Zoo Romokalisari Adventure Land juga dilengkapi sejumlah satwa lain. Di antaranya, Kura-kura Sulcata ada 8 ekor, Domba Merino ada 10 ekor dan Kelinci Rex Dewasa sebanyak 33 ekor.

Tak hanya itu, Romokalisari Adventure Land yang dibangun di lahan seluas 76.769 meter persegi juga dilengkapi lapak penjual aneka olahan ikan, serta stan makanan dan minuman. Dengan begitu, pengunjung yang datang tak perlu bingung jika ingin membeli makanan dan minuman.

Keberadaan Romokalisari Adventure Land, rupanya tak sekadar sebagai destinasi wisata di Kota Pahlawan. Namun keberadaannya juga memberikan dampak ekonomi bagi warga setempat. Alhasil, momen libur Lebaran kali ini, juga berdampak terhadap peningkatan pendapatan warga yang bekerja di sana.

“Alhamdulillah, pendapatan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) banyak, terutama stan makanan, minuman dan stan ikan atau olahan ikan,” pungkasnya.

Diketahui, wisata Romokalisari Adventure Land buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung bisa datang langsung tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis. Namun, untuk bermain di wahana yang disediakan, ada harga tiket masuk tersendiri.

Meski begitu, harga tiket yang dipatok pun bervariasi dan masih terjangkau oleh masyarakat. Seperti di antaranya, tiket untuk Sepeda Air Rp10.000 per orang, Wisata Perahu Rp10.000 per orang, Kano Rp10.000 per orang, ATV track pendek Rp25.000 per orang, ATV track panjang Rp50.000 per orang, Sekoci besar dan kecil Rp10.000 per orang dan Lintasan Kuda Rp20.000 per orang. (ihz/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
30o
Kurs