Minggu, 28 April 2024

Perbaikan Jembatan Lontar Surabaya Tuntas, Bisa Dilalui Mobil Mulai Jumat Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas gabungan sosialisasi peninggian jembatan Jalan Raya Lontar pada 6 September 2023, yang akan berimbas pada penutupan total akses. Foto: Windo Gusman Kabid Drainase DSDABM Kota Surabaya

Proses perbaikan jembatan di Jalan Raya Lontar, Surabaya dilaporkan tuntas Rabu (4/10/2023) hari ini. Para pengguna jalan, utamanya pemilik roda empat, sudah bisa mengaksesnya mulai Jumat (6/10/2023) pagi.

Pengerjaan jembatan di Jalan Raya Lontar telah dimulai pada Selasa (19/9/2023) lalu. Awalnya, proyek ini ditarget tuntas dalam dua hingga tiga pekan. Selama masa perbaikan dilakukan penutupan jalan.

Windo Gusman Prasetyo Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya mengatakan, proses pengerjaan itu telah tuntas pada Rabu hari ini.

“Sebenarnya kami rencanakan tuntas Senin (2/10/2023). Tapi karena ada masalah di proses pengiriman, jadi terlambat sehari. Sehingga proses pengaspalan dimulai Selasa (3/10/2023) kemarin. Kemudian dilanjutkan lapis kedua hari ini. Dan kami pastikan proses pengaspalan sudah selesai,” kata Windo ketika mengudara di Radio Suara Surabaya, Rabu malam.

Windo mengatakan, pada saat ini hanya ada sedikit pengerjaanuntuk rabat beton di sisi jalan. Selain itu, ada proses finishing untuk memastikan jembatan sudah bersih sekaligus aman dilewati.

“Sebenarnya dibuka hari ini pun bisa. Tapi demi menyempurnakan bangunan ini, lebih baik kami buka Jumat pagi, sekitar jam 06.00. Namun untuk roda dua mungkin sudah bisa melalui mulai malam ini,” jelasnya.

Menurut Windo, pengaspalan dilakukan di atas jembatan dan di sisi barat dan timur jembatan. Selain itu, tinggi jembatan juga dinaikkan hingga 1,75 meter.

“Sesuai dengan kejadian hujan 2019 di mana ketinggian air dari aspal mencapai 1,4 meter. Itu membuat minimarket di sebelahnya kemasukan air juga. Padahal bangunan minimarket itu sudah tinggi,” terangnya. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs