Minggu, 5 Mei 2024

PLN Salurkan Bantuan Pasang Baru Listrik 453 Warga Kurang Mampu di Malang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
PLN memberi bantuan pasang baru listrik (BPBL) kepada 453 warga kurang mampu di Malang. Foto: PLN

PT PLN (Persero) memberi bantuan pasang baru listrik (BPBL) kepada 453 warga di Malang, Jawa Timur (Jatim) pada akhir pekan kemarin.

Bantuan yang diinisiasi oleh Kementrian ESDM tahun 2023 menyasar 125.000 rumah tangga tidak mampu yang belum berlistrik di seluruh wilayah Indonesia.

Ida Nuryatin Finahari Sekretaris Direktorat Jendral Ketenagalistrikan memaparkan, syarat calon penerima BPBL harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Selain itu berdomisili di wilayah 3T dan/atau berdasarkan hasil Kepala Desa atau Lurah setempat.

“Bantuan yang diberikan dalam program ini berupa instalasi rumah tiga titik lampu, satu stop kontak, pemasangan, pemeriksaan dan pengujian instalasi SLO, biaya penyambungan pelanggan daya 900 VA dan token perdana 100 ribu,” jelas Ida dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Senin (16/10/2023).

Hingga 13 Oktober 2023, PLN UID Jawa Timur telah berhasil menuntaskan pemasangan instalasi sebanyak 18.293 rumah tangga dari target 20.250 rumah tangga.

“Untuk Kota Malang 100 persen selesai sebanyak 2.113 rumah tangga. Semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat,” kata Agus Kuswardoyo General Manager PLN UID Jatim.

Penerima bantuan pasang baru listrik, Joko Prasetyo (26) mengungkapkan kegembiraanya menerima bantuan ini. Laki-laki yang berprofesi sebagai tukang bangunan ini sebelumnya mendapatkan listrik dengan menyalur dari tetangga. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs