Selasa, 18 Juni 2024

Polda Jatim Luncurkan Aplikasi Siap Semeru untuk Awasi Kinerja Anggota

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
AKBP Christian Tobing Kabag Pembinaan Karir SDM Polda Jatim waktu menunjukkan aplikasi Siap Semeru, Selasa (16/5/2023). Foto: Istimewa

Polda Jawa Timur meluncurkan aplikasi Siap Semeru (Sistem Aplikasi SDM yang Berkeunggulan) yang berfungsi untuk mengawasi kinerja setiap anggotanya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Aplikasi ini merupakan sebagai salah satu cara untuk parameter kinerja personil Polri Polda Jatim yang terdiri dari kemampuan teknis, kemampuan etik dan managerial yang dituangkan dalam penilaian setiap bulannya,” ujar Kombes Pol Harry Kurniawan Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jatim, Selasa (16/5/2023).

Kemudian, AKBP Christian Tobing Kabag Pembinaan Karir SDM Polda Jatim mengatakan, dengan adanya aplikasi Siap Semeru ini maka semua aktivitas pelaksanaan tugas anggota Polri bisa termonitor dan terdata sesuai dengan fungsi masing-masing.

Secara teknis, input database pelaksanaan tugas bisa dilakukan secara berjenjang, mulai dari jajaran Polsek, Polres, hingga Polda sesuai fungsi masing-masing.

Menurut Tobing, aplikasi ini juga memberi kemudahan bagi pimpinan seperti Kapolsek hingga Kapolda untuk melakukan evaluasi kinerja anggota mulai dari penilaian kompetensi, inovasi dan penilaian prestasi yang sudah dilakukan oleh anggota.

“Setiap anggota juga bisa memberikan update data ke jenjang atasan agar tugas-tugas yamg sudah dilakukan bisa tercatat dalam data aplikasi. Jadi semua transparan dan kredibel berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan,” imbuh Tobing.

Sedangkan bagi para pimpinan kepolisian bisa memberikan reward maupun punishment bagi anggota berdasarkan database yang dilaporkan. “Yang terlebih penting dalam efektivitas dan kredibilitas penempatan tugas dan jabatan,” pungkasnya.(wld/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs