Rabu, 6 Desember 2023

Presiden Ucapkan Terima Kasih pada Petani, Jaga Pasokan Beras di Tengah El Nino

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ucapan Selamat Hari Tani Nasional 2023 yang diposting melalui akun Instagram Joko Widodo Presiden RI. Foto: Antara

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI berterima kasih kepada para petani Indonesia atas kerja keras dalam menjaga ketersediaan pasokan beras di dalam negeri, meski di tengah fenomena iklim El Nino.

“Berkat kerja keras para petani, pasokan di pasar-pasar dan persediaan beras di gudang-gudang kita tetap cukup untuk menghadapi bulan-bulan yang kering. Terima kasih untuk petani-petani Indonesia,” katanya di akun Instagramnya saat dikutip dari Antara, Minggu (24/9/2023).

Ia mengatakan, berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, saat ini sedang menghadapi fenomena iklim El Nino yang berdampak pada ketersediaan air dan produktivitas pertanian.

Tetapi, di tengah ancaman iklim tersebut, ia mengatakan bahwa pertanian Indonesia tetap produktif.

Dalam keterangan Jokowi Presiden setelah meninjau gudang beras di Perum Bulog dua pekan lalu, dikatakan bahwa stok beras nasional di bulan ini mencapai total 2 juta ton.

Jumlah tersebut, relatif lebih banyak daripada stok biasanya di kisaran 1,2 juta ton pada situasi normal.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), sejarah Hari Tani Nasional bermula dari diterbitkannya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) pada tanggal 24 September 1960.

Atas dasar itu, Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun ini merupakan peringatan ke-63 tahun untuk mengingatkan masyarakat atas perjuangan para petani di Indonesia. (ant/ris/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Aksi Demo Buruh, Lalu Lintas Lumpuh di Jalan Basuki Rahmat

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Surabaya
Rabu, 6 Desember 2023
27o
Kurs