Rabu, 29 Mei 2024

Regulasi Perizinan Satu Pintu Konser Musik Masuk Tahap Finalisasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ribuan penonton berdiri dan ikut bernyanyi bersama semua musisi di lagu terakhir konser Dewa 19 A Night at The Orchestra Mei 2023 lalu. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengatakan regulasi terkait pelayanan perizinan satu pintu untuk acara seni dan olahraga saat ini memasuki tahap finalisasi. Regulasi itu akan memangkas waktu perizinan menjadi 14-21 hari sebelum pelaksanaan.

“Memang ada di kami (perizinan) yang nantinya akan dibuatkan mekanisme perizinan satu pintu. Saat ini masih dalam tahap finalisasi dan kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ini akan uji coba di lima venue dahulu yang ada di Jabodetabek, tiga di antaranya ICE BSD, JIS, dan GBK. Kita coba dahulu di tengah-tengah pemilih, tetap ada konser,” kata Sandiaga dalam siaran resmi, Kamis (17/8/2023) dikutip Antara.

Menparekraf menjelaskan, sebelumnya para penyelenggara kegiatan mengeluhkan soal ketidakpastian perizinan yang biasanya baru terbit beberapa jam sebelum kegiatan berlangsung.

“Kita berharap prosesnya selesai 21 hari untuk perizinan. Apabila konser-konser besar diharapkan tiga bulan sebelum konser digelar izinnya sudah bisa keluar. Sementara untuk konser-konser yang lebih kecil diharapkan satu bulan sebelum konser digelar perizinannya sudah keluar. Jadi tidak last minute (menit-menit akhir) izinnya keluar,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, digitalisasi di dalam regulasi itu juga diharapkan bisa mempercepat proses perizinan. Proyek percontohan digitalisasi perizinan tersebut akan diuji coba pada September 2023 mendatang, dan dievaluasi secara periodik. Sehingga, memudahkan penyelenggara untuk mendapatkan perizinan.

Sebelumnya, sebagai upaya membangkitkan industri musik di Indonesia, Kemenparekraf mendukung perhelatan konser “DEWA 19 featuring ALL STARS-STADIUM TOUR 2023” yang menghadirkan grup musik kenamaan Tanah Air, Dewa 19.

Konser itu telah diadakan di Stadion Manahan Solo pada 29 Juli, kemudian di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 12 Agustus. Dijadwalkan Dewa 19 akan tampil pada 19 Agustus di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. (ant/dvn/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs