Sabtu, 20 April 2024

Ribuan Nasi Bungkus dari Warga Magersari untuk Jemaah Satu Abad NU

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana Gelora Delta Sidoarjo menjelang Harlah Satu Abad NU, Kamis (2/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Warga Kelurahan Magersari, Kabupaten Sidoarjo nampak antusias menyambut Harlah Satu Abad NU. Kawasan yang masuk ring satu tersebut bakal menyiapkan ribuan nasi bungkus dan tempat penginapan untuk para jemaah yang bakal memadati Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) mendatang.

Hal itu dikatakan Nurcholis Lurah Magersari bahwa warganya siap untuk menyambut tamu yang datang dari berbagai daerah itu. Bahkan, segala persiapan sudah dikoordinasikan kepada setiap RT, RW sejak dua minggu lalu.

“Satu rumah secara ikhlas menyumbang tiga nasi bungkus nasi dan minum. Nanti pembagiannya ada sif pagi dan siang,” kata Nurcholis waktu ditemui suarasurabaya.net, Kamis (2/2/2023).

Untuk lebih mematangkan sistem pembagian nasi itu, pihak Kelurahan Magersari mengajak seluruh RT, RW rapat pada Jumat (3/2/2023) malam besok. Total ada 44 RT dan 18 RW di kelurahan tersebut.

Tidak hanya kebutuhan logistik saja, wilayah kelurahan Magersari juga menyediakan tempat untuk ibadah, beristirahat, dan kamar mandi bagi para tamu.

Nurcholis juga mengimbau warganya supaya mengizinkan para tamu untuk meminjam toiletnya apabila membutuhkan sewaktu-waktu. Meskipun nanti bakal disiapkan toilet portable oleh Pemkab Sidoarjo.

Kemudian sebanyak 16 musala dan lima masjid akan disiapkan untuk tempat istirahat. Serta beberapa aset milik Pemkab Sidoarjo juga akan difungsikan.

“Untuk posko utamanya ya di Kelurahan, semuanya akan dibersihkan,” kata dia.

Sementara itu, Suyitno Ketua RT 18 RW 6 Dusun Gajah, Kelurahan Magersari mengatakan kalau warganya mulai belanja berbagai kebutuhan untuk memasak nasi bungkus.

Tak hanya itu, ratusan air mineral gelas sudah disiapkan oleh warga dan diletakan di musala. Nantinya ada ratusan nasi bungkus yang disediakan dan diberikan secara gratis.

“Terserah, mau satu atau dua tidak apa-apa yang penting kan ikhlas. Ada yang non-muslim juga loh yang mau nyumbang malah paling semangat juga,” kata Suyitno.

Suyitno mengatakan ada sekitar 180 keluarga yang tinggal di RT 18 Dusun Gajah ini. Sedangkan untuk sistem pembagian nasi, masih akan dirapatkan kembali dengan pihak kelurahan.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs