Jumat, 3 Mei 2024

Satpol PP Surabaya Patroli Besar-besaran Jelang Nataru, Sasar Tempat Nongkrong Anak Muda dan RHU

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya melakukan patroli untuk menjaga keamanan di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya akan menggelar patroli besar-besaran menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Irna Pawanti Kepala Bidang Pengendalian Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat Satpol PP Surabaya menyebut, patroli itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya Nomor 000.1.10/29094/436.8.6/2023 tentang Peningkatan Keamanan, Ketentraman, dan Toleransi pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Patroli akan menyasar Rekreasi Hiburan Umum (RHU) untuk memastikan pada Minggu (24/12/2023), atau pada malam Natal, semua RHU menutup kegiatan usahanya mulai pukul 18.00 WIB.

“Sore hari jelang malam Natal, kami akan adakan apel besar. Setelah itu kami bersama Forkopimda akan melakukan kunjungan ke beberapa gereja untuk memastikan keamanannya. Malam harinya, kami akan patroli untuk memastikan RHU mematuhi surat edaran tersebut dan jika melanggar akan kami tindak tegas, yakni kami segel,” jelasnya.

Selain RHU, operasi besar-besaran akan menyasar beberapa titik di Kota Surabaya yang disinyalir jadi tempat berkumpul anak muda seperti di kawasan Jalan Basuki Rahmat, Jalan HR Muhammad, Jalan Sukolilo, dan beberapa wilayah seperti Pantai Kenjeran Surabaya.

“Kekuatan personel akan diperbesar. Kami juga akan berkolaborasi dengan 31 kecamatan dan menyisir ke beberapa titik yang terindikasi sebagai tempat berkumpulnya anak-anak muda menjelang tahun baru,” tegasnya.

Termasuk razia knalpot brong saat malam Tahun Baru bersama kepolisian, TNI, serta Gartap Surabaya yang dilakukan mulai pekan lalu.

“Terkait knalpot brong sudah kami tindak, setiap malam kita juga bergerak lewat asuhan rembulan mulai dari jumlah pasukan, penindakan tegas, sudah mengalami peningkatan karena ini mendekati tahun baru,” ungkapnya.

Irna minta orang tua lebih mengawasi anak-anak agar menghindari ajakan yang merugikan.

“Kami mengimbau para orang tua dengan bersurat khusus seperti tahun lalu, untuk bisa merayakan malam tahun baru di rumah atau di kampung. Atau jika dilakukan diluar rumah, bisa di tempat penginapan dan dapat menghindari kerumunan,” tutupnya. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs