Minggu, 28 April 2024

Sengketa SMK Prapanca Berakhir Damai, Besok Senin Sekolah Kembali Dibuka

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Polrestabes Surabaya waktu menggelar mediasi sengketa SMK Prapanca 2, Sabtu (2/9/2023) malam. Foto: Humas Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya menggelar mediasi sengketa antara H. Soewandhi mantan Kepala Sekolah SMK Prapanca 2 dengan Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur (YPWJT) yang berbuntut penyegelan gedung sekolah.

Kombespol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya melalui AKBP Mirzal Maulana Kasat Reskrim Suranaya mengatakan, kedua pihak sepakat damai. Segala perselisihan telah diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak ada tuntutan apapun.

Rencananya, dalam waktu dekat sekolah di Jalan Nginden Intan Timur I, Sukolilo, Surabaya, yang disegel H. Soewandi sejak 2021 itu akan dibuka.

“Alhamdulillah kedua pihak dengan kepala dingin sepakat bersama-sama membuka gembok pagar pintu SMK Prapanca 2 pada Senin, tanggal 4 September 2023 besok,” kata Mirzal, Minggu (3/9/2023).

Atas perdamaian kedua pihak yang sepakat mengakhiri sengketa ini, puluhan siswa yang sebelumnya mengungsi di salah satu ruang Kampus Stikosa-AWS untuk belajar, bisa kembali duduk di kelasnya masing-masing, pada Rabu (6/9/2023) mendatang.

Suasana para siswa-siswi SMK Prapanca 2 waktu mengungsi di salah satu ruangan Kampus Stikosa AWS untuk melanjutkan pembelajaran. Foto: Istimewa

“Hari Rabu, tanggal 6 September 2023 dilaksanakan upacara untuk serah terima sekaligus dimulai kembali proses pembelajaran,” tutur Mirzal.

Untuk diketahui, sengketa tersebut muncul setelah H. Soewandi mantan Kepala Sekolah SMK Prapanca 2 sebelumnya diberhentikan pihak Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur (YPWJT), karena usianya sudah 60 tahun.

Soewandi lalu menggembok sekolah sehingga sejak 2021 para siswa tidak bisa belajar di gedung SMA Prapanca 2. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs