Selasa, 23 April 2024

Seorang Karyawati BRI Jadi Tersangka Korupsi Rp9,8 Miliar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hari Wibowo Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat memberikan keterangan pers di Kantor Kejari Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023). Foto: Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat menetapkan seorang karyawati bagian kasir (teller) Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi sehingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp9,8 miliar.

“Karyawan inisial SAP telah kita tetapkan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dana pada kas Bank BRI kantor cabang pembantu Thamrin City pada 26-27 Desember 2022,” kata Hari Wibowo Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dalam keterangan resmi di Jakarta yang dikutip Antara, Rabu (15/3/2023).

Ia menjelaskan, karyawati ini bernama Syahira Aninda Putri (SAP) dan kini ditempatkan di rumah tahanan negara (Rutan) Kelas Dua Pondok Bambu selama 20 hari ke depan.

Ia menyebutkan, dalam memuluskan aksinya, SAP melakukan transaksi fiktif yang dilakukan secara bertahap.

Menurut Hari, tersangka melakukan transaksi tunai fiktif dalam pencatatan di bank.

“Uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi dan investasi daring dan lainnya,” tegasnya.

Ia menambahkan, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 2 dan 3 UU No 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman pidana 20 tahun penjara.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs