Senin, 29 April 2024

Siswa Madrasah Susun Buku Saku Digital Mitigasi Bencana Ramah Difabel Netra

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Titin Khoeriyah, siwi difabel netra MAN 2 Sleman berhasil raih medali perunggu dalam ajang International Young Moslem Award 2023. Foto: Kemenag

Titin Khoeriyah, siswi MAN 2 Sleman bersama tiga temannya berhasil menyusun buku saku digital tentang mitigasi bencana gunung berapi yang ramah difabel netra.

Buku tersebut merupakan hasil riset Titin dan tiga temannya mengenai informasi seputar bencana gunung berapi dan mitigasinya. 

Melansir dari laman resmi Kementerian Agama, setelah melalui beberapa kali uji produk yang melibatkan sejumlah difabel netra, selesai juga penelitian yang berjudul “Volcano Disaster Mitigation Pocket Book For The Blind” tersebut.

Hasil riset tersebut mendapat apresiasi dari dewan juri International Young Moslem Award 2023 yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 19 – 22 Januari 2023. 

Titin bersama temannya yang mewakili tim riset MAN 2 Sleman, dianugerahi medali perunggu atas hasil riset yang telah dilakukan.

“Saya selalu mensupport agar Titin terus berprestasi. Saya turut bangga karena selain rajin menghafalkan Qur’an, siswa satu ini juga rajin melakukan riset terkait disabilitas. Kemarin saya tanya, ternyata hafalan Titin sudah hampir 6 juz. Ini luar biasa,” ujar Muhammad Wahdan Zani Kepala MAN 2 Sleman, Senin (13/2/2023).

Menurut Wahdan Zani, keberhasilan Titin serta siswa difabel lainnya tidak terlepas dari manajemen MAN 2 Sleman yang ramah difabel. MAN 2 Sleman juga akan selalu mendukung penuh pengembangan prestasi mereka.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs