Selasa, 7 Mei 2024

Surabaya Bakal Tonjolkan Wisata Olahraga Kalau GBT Ditunjuk Jadi Venue Piala Dunia U-17

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Jumat (16/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Surabaya masih menunggu penunjukan resmi dari PSSI, pascapengajuan diri agar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dipilih menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, sudah punya gambaran akan menonjolkan sejumlah wisata olahraga untuk wisatawan saat gelaran Piala Dunia U-17 mulai 10 November-2 Desember 2023.

“Wisata olahraga, ya kita akan lakukan Jadi sebenarnya kalau di piala ini (Piala Dunia U-17) kan dadakan ya. Tapi, sebenarnya kita kan sudah punya museum olahraga. Kita kan punya tempat-tempat olahraga juga, seperti Lapangan Thor dan lain sebagainya, jadi memang kita memantapkan,” beber Eri, pada Jumat (30/6/2023).

Selain wisata olahraga, Eri menyebut, akan menyiapkan khusus merchandise olahraga yang dibuat oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya.

“Ya terutama untuk wisata olahraganya itu adalah merchandise-merchandise olahraga kita akan lakukan itu,” tambahnya.

Tapi ia mengaku belum mengambil langkah jauh, masih menunggu penunjukan dari PSSI.

“Kita kan juga masih menunggu penunjuknya kan. Kita kan sudah mengusulkan tapi tidak semua venue itu akan dipakai. Dari PSSI itu akan menunjuk mana yang akan dipakai tapi kita sudah mengajukan. Ada Solo, ada Surabaya, ada yang lainnya, tapi kita belum tahu mana yang akan ditunjuk,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, pascapengumhman resmi FIFA yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Eri langsung mengusulkan kepada Erich Thohir, Ketua Umum PSSI bahwa Surabaya siap dipilih jadi salah satu venue.

Menurutnya ini kesempatan menggerakkan perekonomian mulai UMKM, hotel, wisata, juga transportasi. (lta/dvn/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs