Minggu, 28 April 2024

Surabaya Bergerak, Warga Panjang Jiwo Keruk Sedimen Selokan dan Lakukan Perantingan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana kerja bakti warga Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya yang tergabung dalam RT 1 RW 6, pada Minggu (26/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan warga Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya yang tergabung dalam RT 1 RW 6 serentak melakukan kerja bakti massal bertajuk “Surabaya Bergerak”, Minggu (26/2/2023).

Ikrom Ketua RT 1 RW 6 Panjang Jiwo mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini fokus membersihkan selokan.

“Hari ini kita kerja bakti dengan fokus membersihkan got (selokan) di area RT 1 Panjang Jiwo ini,” ucapnya kepada suarasurabaya.net di sela-sela kerja bakti.

Dia bilang, pembersihan got itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Pengerukan sedimen di got kami lakukan terus, untuk menghindari adanya selokan yang tersumbat dan air meluber saat hujan turun,” ungkapnya.

Ikrom menambahkan, kegiatan kerja bakti hari ini warga juga melakukan perantingan pohon yang mulai mengganggu pengguna jalan.

Alhamdulillah, bisa dilihat sendiri, warga antusias, guyub rukun dan semuanya gotong royong mengikuti kerja bakti ini,” ujarnya.

Warga RT 1 RW 6 Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya saat melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak, pada Minggu (26/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, sampah hasil kerja bakti di lokasi tersebut, akan diangkut oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya untuk dipindahkan ke tempat pembuangan akhir.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan kerja bakti tersebut, selain lingkungan tetap terjaga dengan bersih warga juga dapat terus menjalin silaturahmi dengan baik.

Kegiatan kerja bakti di Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, sambung Ikrom, bukan hanya dilakukan hari ini saja. Tetapi, rencananya akan dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali, untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.

Sekadar informasi, giat kerja bakti “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs