Senin, 29 April 2024

UNICEF Sebut Gaza Selatan Sedang Hadapi Pengeboman Terparah Sejak 7 Oktober 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Seekor merpati diantara puing puing serangan Israel ke Gaza. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (27/10/2023) mengesahkan sebuah resolusi yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza. Resolusi tersebut disahkan dengan 120 suara mendukung, 14 suara menolak, dan 45 suara abstain. Foto: XInhua Seekor merpati diantara puing puing serangan Israel ke Gaza. Foto: XInhua

James Elder juru bicara badan PBB untuk urusan anak-anak (UNICEF), pada Minggu (3/12/2023), menyebut Gaza selatan saat ini tengah menghadapi “pengeboman terparah” sejak agresi Israel 7 Oktober 2023.

“Ini pengeboman perang terparah saat ini di Gaza selatan. Saya melihat begitu banyak korban anak-anak,” kata Elder lewat platform X resminya, yang dilansir Antara.

“Kami mendapatkan peringatan terakhir untuk menyelamatkan anak-anak serta suara hati nurani kami,” katanya.

Dalam pesan video terpisah, Elder mengaku telah kehabisan cara untuk menggambarkan kengerian yang dihadapi anak-anak di Jalur Gaza.

“Saya merasa seperti hampir gagal dalam kapasitas untuk menyampaikan tentang pembantaian terhadap anak-anak yang tiada henti di sini,” katanya.

Diketahui, pasukan Israel kembali membombardir Jalur Gaza pada, Jumat (1/12/2023) pagi, setelah jeda kemanusiaan selama sepekan dinyatakan berakhir.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, sedikitnya 509 warga Palestina meninggal dan 1.316 lainnya terluka akibat serangan udara itu.

Israel terus menerus meluncurkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Sejak saat itu lebih dari 15.500 warga Palestina, mayoritas anak-anak dan perempuan, tewas. Sementara itu, korban tewas di pihak Israel mencapai 1.200 orang. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs