Senin, 6 Mei 2024

Untag Surabaya Kembangkan Inovasi Material Maju dari Phenma 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
International Conference on Physics and Mechanichs of New Materials and Their Applications (Phenma) 2023 di Untag, pada Rabu (4/10/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mengembangkan inovasi material maju dari hasil International Conference on Physics and Mechanichs of New Materials and Their Applications (Phenma) 2023 yang diselenggarakan di Untag pada Rabu (4/10/2023).

Mulyanto Nugroho Rektor Untag Surabaya mengatakan, Phenma merupakan ajang kolaborasi penelitian dan pengembangan material antara Untag Surabaya dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian dari berbagai negara, seperti Rusia, Taiwan, India, Mesir hingga Afrika Selatan.

“Intinya bahwa kita berkolaborasi dalam hal untuk menemukan pengembangan material baru di bidang teknik,” ucapnya seusai opening ceremony Phenma 2023.

Salah satu material baru yang akan dikembangkan oleh Untag Surabaya adalah material komposit dari bahan baku lokal, seperti serat tumbuhan kersen hingga nanas.

Ia mengungkapkan bahwa material maju tersebut, memiliki potensi untuk digunakan sebagai spare part untuk otomotif.

“Kalau semuanya dari alumunium, dari baja, kan habis nanti, jadi kita mengembangkan material maju itu dari bahan baku lokal,” katanya.

Sementara untuk hasil dari riset yang diteliti dalam Phenma itu, nantinya akan dipublish di jurnal internasional bereputasi, seperti scopus.

“Nanti akan memaparkan tentang jurnal-jurnalnya, memaparkan tentang riset-riset secara internasional, dari baik itu ada yang daring maupun luring,” ujarnya.

Mulyanto berharap, hasil penelitian dan pengembangan material maju dari Untag Surabaya itu, dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan teknologi di Indonesia.

“Karena sebenarnya potensi kita kan sangat luar biasa, jadi harus dimanfaatkan,” pungkasnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs