Sabtu, 27 April 2024

Warga Jepang Antusias Saksikan Reog Ponorogo dalam International Friendship Day 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Reog Ponorogo yang tampil dalam event International Frienship Day 2023 di Kota Toyota, Jepang, pada 29-30 April 2023. Foto: KBRI Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar International Friendship Day 2023 dengan menampilkan pertunjukan Reog Ponorogo di Kota Toyota, Prefektur Aichi, pada 29-30 April 2023.

Kegiatan yang digagas KBRI Tokyo bersama Toyota Indonesia Group (TIG) dan Toyota International Association itu mampu menarik perhatian puluhan mata warga Jepang untuk menonton penampilan Reog Ponorogo.

Tarian khas dengan topeng Barongan menyerupai harimau berhiaskan ekor burung merak dimainkan lima orang WNI yang bekerja di Jepang.

Heri Akhmadi Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang menekankan, kolaborasi erat Indonesia-Jepang di International Friendship Day 2023 diharapkan mampu memberi pemahaman warga Jepang tentang seni dan budaya Indonesia.

“Saya senang dan bangga melihat kolaborasi erat warga Jepang dengan WNI dalam menyelenggarakan acara ini. Khususnya dalam upaya mengenalkan seni dan budaya Indonesia di antaranya Reog Ponorogo. Apresiasi saya kepada Bapak Wali Kota Toyota yang telah memfasilitasi International Friendship Day. Semoga acara seperti ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang Indonesia dan saling pengertian antara Indonesia, Jepang serta komunitas internasional lainnya,” ujar Dubes Heri dalam keterangan resmi, Selasa (2/5/2023).

Sementara itu, Toshihiko Ota Wali Kota Toyota mengapresiasi dukungan penuh dari Dubes Heri dalam kegiatan International Friendship Day 2023.

Menurutnya, kegiatan itu bisa semakin menguatkan kerja sama Indonesia-Jepang dalam 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Dia juga berharap, tahun depan kegiatan serupa bisa digelar lebih meriah dengan peserta lebih banyak dari mancanegara.

Selain Reog Ponorogo, komunitas WNI dalam kegiatan itu juga membawakan Tari Selayang Pandang, Tari Gondang Kreasi, Tari Sinanggar Tulo, Tari Bajidor Kahot, Tari Piring, Tari Topeng Kelana Priangan Cirebon, Tari Topeng Bali dan Tari Margapati Bali.

Bersamaan dengan International Friendship Day, pelayanan terpadu KBRI Tokyo dan pertemuan masyarakat juga digelar. Ada lebih dari 450 WNI mengikuti layanan terpadu ini.

Pelayanan yang dilakukan di antaranya meliputi perpanjangan paspor, perekaman data biometrik KTP elektronik, penerbitan identitas kependudukan digital, lapor diri, konsultasi keuangan dan perpajakan, serta konsultasi kekonsuleran.(ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs