Jumat, 29 Maret 2024

Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan AMSI Lewat Pesan WhatsApp

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi penipuan.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan organisasi tersebut lewat pesan WhatsApp.

Wenseslaus Manggut Ketua Umum AMSI, dalam keterangan resminya meminta pelaku menghentikan tindakan penipuan yang dilakukan, karena melanggar hukum dan merugikan nama baik organisasi AMSI.

“AMSI tidak pernah menjadi “polisi” atas dugaan tindakan pencemaran nama baik yang dilakukan masyarakat baik di media sosial. ataupun medium lainnya yang menjadi wilayah yurisdiksi penegak hukum,” jelas Wenseslaus.

Ia menegaskan AMSI tidak pernah memungut uang dalam kegiatan apapun kepada publik, apalagi dengan dalih agar dibebaskan dari kasus hukum apapun.

Sementara kepada media ataupun perorangan, pihaknya mengimbau untuk tidak meladeni dan lebih berhati-hati dengan berbagai bentuk broadcast yang diakhiri dengan memungut biaya dengan mengatasnamakan AMSI.

Wenseslaus turut mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku penipuan yang mengatasnamakan AMSI.

Seperti diketahui pada tanggal 26 dan 29 Januari 2023, ada pihak yang memakai nomor WA 089602549384 dan 082169829759, dengan modus menakuti-nakuti tindakan pencemaran nama baik oleh korban dan dilanjutkan dengan permintaan sejumlah uang.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs