Sabtu, 15 Juni 2024

6 Jenazah WNI Korban Kapal Tenggelam di Jepang Telah dipulangkan ke Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebuah kapal tanker kimia Korea Selatan yang terbalik di perairan Kota Shimonoseki di barat Jepang di Prefektur Yamaguchi pada 20 Maret 2024. Foto: Reuters

Enam jenazah Warga Negara Indonesia (WNI) korban kapan tenggelam di perairan Shimonoseki, Jepang, sudah dipulangkan ke Tanah Air.

Dilansir dari Antara, pemulangan enam jenazah itu sudah dilakukan secara bertahap. Dua jenazah, yaitu Suwatno dan M. Munir Agung Suhartono tiba di Indonesia pada 4 April 2024.

Jenazah Riko Mayanto dan Ade Ageng Suparman tiba di Tanah Air pada 5 April 2024. Sedangkan jenazah Yudi Yudiana Abdullah dan Rosin diterbangkan dari Tokyo ke Jakarta pada Sabtu (6/4/2024).

“Setelah melalui proses yang panjang, sampai saat ini empat jenazah telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan dua jenazah lainnya akan tiba 6 April 2024 pada pukul 17.35 WIB,” kata Hartanto Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sedangkan untuk satu WNI yang masih belum ditemukan, lanjutnya, Japan Coast Guard sampai saat ini terus mengerahkan anggotanya melakukan pencarian.

“WNI atas nama Asep Saepudin Juhri hilang dan masih dicari oleh pihak terkait di Jepang. Kemenhub dan Kemenlu akan terus berkoordinasi secara intensif guna menemukan semua ABK WNI kita yang menjadi korban kapal tenggelam ini,” kata Hartanto.

Sebelumnya, kapal pembawa bahan-bahan kimia berbendera Korea Selatan yang tenggelam di perairan Jepang. Kapal itu membawa sebelas awak kapal. Terdiri dari delapan WNI, dua warga Korea Selatan, dan satu warga negara China.

Dari total delapan WNI yang menjadi korban, enam dinyatakan meninggal, satu masih dalam pencarian, dan satu orang atas nama Ryan Yudatama Lizar menjadi satu-satunya korban selamat dari tragedi ini. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs