Senin, 29 April 2024

Kapal Tanker Membawa WNI Terbalik di Jepang, Delapan Orang Meninggal Dunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebuah kapal tanker kimia Korea Selatan yang terbalik di perairan Kota Shimonoseki di barat Jepang di Prefektur Yamaguchi pada 20 Maret 2024. Foto: Reuters

Sebuah kapal tanker kimia yang membawa sebelas awak, termasuk delapan Warga Negara Indonesia (WNI), terbalik di lepas pantai Jepang bagian barat, Rabu (20/3/2024).

Dilaporkan Yonhap pada Kamis (21/3/2024) pagi, awak kapal terdiri dari dua warga negara Korea Selatan, termasuk kapten kapal, serta delapan WNI, dan satu warga Tiongkok.

Kapal itu melakukan panggilan darurat kepada Penjaga Pantai Jepang pada Rabu sekitar pukul 07,00. Kapal tersebut kemudian miring sebelum terbalik sekitar pukul 08.00 pagi.

Delapan dari sebelas awak kapal, meninggal dunia setelah kapal Keoyoung Sun terbalik di perairan dekat pulau di lepas kota Shimonoseki di Prefektur Yamaguchi.

Sebenarnya, sembilan dari sebelas total jumlah awak kapal ini, berhasil diselamatkan oleh petugas dan dievakuasi ke rumah sakit.

Sayangnya, delapan dari sembilan orang itu meninggal dunia. Termasuk satu warga Korea Selatan.

Awak kapal yang dikonfirmasi masih hidup berasal dari Indonesia dan dilaporkan dalam kondisi stabil.

Pada saat ini penjaga pantai masih melakukan operasi penyelamatan untuk mencari dua orang yang hilang, termasuk satu warga Korea Selatan.

Kapal tanker tersebut membawa 980 ton asam akrilat. Kabarnya, kapal ini berangkat dari pelabuhan Himeji di Jepang pada hari Senin (18/3/2024) dan sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Ulsan. Namun kapal ini berlabuh di dekat Pulau Mutsure karena gelombang tinggi dan angin kencang.

Kementerian luar negeri Korea Selatan pada hari Rabu mengatakan pihaknya telah membentuk satuan tugas untuk memeriksa kemajuan dalam operasi pencarian dan penyelamatan di daerah tersebut. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs