Sabtu, 27 April 2024

Banjir Rendam 48 Desa dan 1.880 Hektare Lahan di Bojonegoro

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
BANJIR BOJONEGORO Foto udara kondisi banjir merendam permukiman warga di sekitar Sungai Bengawan Solo, Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (11/3/2024). Foto: Antara

Laela Noer Aeny Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengatakan banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo yang terjadi di kabupaten setempat telah surut.

“Banjir telah surut meski masih menyisakan sedikit genangan. Dampak banjir beberapa hari kemarin setidaknya merendam 11 kecamatan, 48 desa, dan lahan 1.880 hektare,” kata Laela, dilansir Antara, Jumat (15/3/2024).

Menurut Laela, akibat adanya banjir tersebut membuat sebagian warga ada yang mengungsi, di Gedung Serba Guna Bojonegoro.

“Tanggap bencana yang dilakukan membuka tempat pengungsian yang memang bener-benar dibutuhkan, mendirikan dapur umum, dan memberikan bantuan yang di butuhkan warga yang berdampak,” katanya.

Sementara itu, banjir Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kabupaten Bojonegoro terakhir merendam beberapa desa di Kecamatan Kanor dan Baureno yang berada berada di hilir Bojonegoro.

“Harapannya tanggul-tanggul semakin ditinggikan, sebagai upaya mitigasi bencana dan banjir dapat ditanggulangi,” ucap Laela.

Selain itu, ia juga akan terus mengimbau kepada masyarakat yang ada di bantaran Bengawan Solo supaya mewaspadai longsor pasca banjir.

“Sebab pasca-banjir banyak terjadi longsor. Untuk itu pemerintah desa juga mempunyai opsi-opsi agar memperhatikan keselamatan warganya yang ada di bantaran Bengawan Solo,” jelasnya. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs