Selasa, 30 April 2024

BMKG: Jawa Timur Hujan Deras Disertai Angin dan Petir pada Awal Pekan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
BMKG Prakirakan Jawa Timur Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir Hari Ini Ilustrasi sebuah motor yang melintas di jalan raya ketika hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan seharian ini, Senin (5/2/2025), hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat akan melanda sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, pada pagi hari hujan diprakirkaan mengguyur wilayah Kabupaten Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep.

Kemudian pada siang hingga sore hari, hujan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Sementara pada malam hari, hujan akan mengguyur wilayah Magetan, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Probolinggo dan Sumenep. Sedangkan pada Selasa (6/2/2024) dini hari, hujan diprakirakan turun di wilayah Magetan dan Sumenep.

Adapun suhu udara sepanjang hari diperkirakan di antara 14-33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin berhembus dominan dari barat ke barat daya dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan kondisi cuaca di sebagian wilayah perairan Jatim seharian ini, secara umum berpotensi hujan sedang.

Arah angin didominasi dari barat ke barat Laut, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 27 knot (49 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 17 knot (31 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.5-1.25 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-2.5 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.0 – 2.3 meter. (sya/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs