Senin, 27 Mei 2024

BPH Migas Tekankan Pentingnya QR Code Agar BBM Subsidi Tepat Sasaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi petugas SPBU melayani pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite. Foto: Pertamina

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menekankan pentingnya pemberlakuan quick response (QR) code dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi agar komoditas tersebut tepat sasaran dan tepat volume.

Dilansir dari Antara, Wahyudi Anas anggota Komite BPH Migas mengatakan, subsidi BBM diberikan pemerintah untuk meningkatkan daya beli serta produktivitas masyarakat.

Oleh karena itu, pemanfaatan memerlukan partisipasi masyarakat agar tepat sasaran, salah satunya melalui pemberlakuan QR code dalam proses pembelian BBM subsidi.

“Penerapan QR code dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina untuk kendaraan darat dan surat rekomendasi yang diterbitkan dinas terkait di pemda telah terintegrasi dengan BPH Migas, diperuntukkan bagi masyarakat sebagai konsumen pengguna sesuai Peraturan BPH Migas Nomor 2 Tahun 2023 dan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014,” ujarnya.

Wahyudi menambahkan, kemudahan sistem digitalisasi tersebut diharapkan menjadi pendorong agar masyarakat ikut mengawal pemanfaatan BBM subsidi tepat volume dan tepat sasaran.

“Bapak dan Ibu yang termasuk dalam konsumen pengguna, bisa langsung registrasi menggunakan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan foto alat/mesin ke dinas terkait untuk mengurus surat rekomendasi. Begitupun MyPertamina yang menggunakan pindai EDC,” imbuhnya.

Sesuai Peraturan BPH Migas Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penerbitan Surat Rekomendasi untuk Pembelian Jenis BBM Tertentu (Solar) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (Pertalite), terdapat lima sektor usaha yang berhak mendapat BBM subsidi yaitu usaha mikro, usaha perikanan, usaha pertanian, transportasi air, dan pelayanan umum.

Khusus usaha pertanian dan transportasi air, penerbitan surat rekomendasi dapat melalui kepala desa/lurah setempat.

“Konsumen juga dimudahkan membeli BBM baik Solar maupun Pertalite dengan diwakili anggota kelompoknya,” sebut Wahyudi. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs