Rabu, 1 Mei 2024

Cuaca Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Seharian Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: PIxabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seharian ini, Jumat (5/4/2024), sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Cuaca ekstrem ini diprakirakan terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Ngawi, Magetan, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

“Lalu pada malam hari di wilayah Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Pasuruan dan Kabupaten/Kota Probolinggo,” demikian keterangan dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Jumat.

Hujan juga diperkirakan berlangsung hingga Sabtu (6/4/2024) dini hari, di wilayah Sumenep.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14 hingga 36 derajat celcius, dengan kelembapan udara 45-100 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke timur laut dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan kondisi perairan Jawa Timur secara umum berawan dengan potensi hujan ringan di beberapa wilayah.

Arah angin didominasi dari arah Barat ke Barat Laut dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 18 knots (33 km/jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 16 knot (30 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.5-2.3 meter. (sya/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs