Senin, 6 Mei 2024

Hari Bumi Sedunia, Citraland Konsisten Olah Puluhan Ton Sampah Plastik hingga Bangun EV Charging

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Manajemen Citraland Surabaya saat simbolis menanam pohon dihari Bumi Sedunia, Senin (22/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hari Bumi Sedunia turut dirayakan Citraland, salah satu developer perumahan terbesar di Surabaya dengan menekan perubahan iklim.

Yuliarso Christiono General Manager Citraland Surabaya merinci sederet upaya menekan perubahan iklim yang dilakukannya. Paling sederhana, menanam pohon, dengan target sekitar 1.000 tiap tahun.

“Sudah 26.000 lebih yang tertanam, setahun 1.024 pohon (tahun) kemarin, tahun ini berharap lebih banyak lagi,” kata Yuliarso, usai seremonial menanam puluhan pohon pulai dalam rangka Hari Bumi Sedunia, Senin (22/4/2024) di G-Walk Citraland, Surabaya.

Yuliarso Christiono General Manager Citraland Surabaya saat sambutan menjelang simbolis penanaman pohon dihari Bumi Sedunia, Senin (22/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Upaya lainnya, yaitu menginisiasi larangan penggunaan sampah plastik di pasar tradisional dan modern yang sekali pakai.

Kemudian, dilanjut dengan mengolah sampah plastik dengan bantuan pihak ketiga, serta rekosistem dengan jumlah 90 ton setiap bulan. “Setara dengan menanam 1.100 pohon selama sebulan,” imbuhnya.

Selain itu, transisi energi kendaraan dari bahan bakar minyak ke listrik juga dilakukan Citraland pada kendaran pelayanan atau fasilitas umumnya. “Truk pengangkut sampah, gitu-gitu,”imbuhnya lagi.

Ke depan, Yuliarso mengatakan akan ada konsep setiap rumah akan ada electric vehicle charging stastion atau tempat pengisian daya kendaraan listrik.

“Warga banyak yang ppengajuan EV charging, termasuk bangunan tipe baru nanti kita akan pasang EV Charging-nya,” ucapnya.

Menurutnya semua upaya ini penting, melihat bumi yang semakin hari panas dan hujan ekstrem.

“Perubahan iklim sangat mengalami banyak masalah, hari ini langksh kecil upaya kita Citraland Surabaya bertanggungjawab dan sama-sama mengedukasi, mari kita jaga bumi ini,” tandasnya. (lta/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs