Jumat, 10 Mei 2024

Israel Tangkap Delapan Staf Medis Bulan Sabit Merah Palestina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Israel serang RS Al-Amal di Gaza Selatan Usai Mengepung Selama 10 Hari Asap akibat pemboman mengepul di latar belakang saat pengungsi Palestina melarikan diri dari Khan Younis. Foto: AFP

Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) pada, Jumat (9/2/2024) waktu setempat, melaporkan tentara Israel telah menyerbu Rumah Sakit Al-Amal di Kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, dan menangkap delapan staf medis serta orang-orang yang terluka.

“Pasukan pendudukan menangkap delapan anggota staf kami di Rumah Sakit Al-Amal termasuk empat dokter dan menahan empat orang yang terluka beserta lima rekannya,” kata PRCS lewat pernyataan, dikutip Antara, Sabtu (10/2/2024).

PRCS mengungkapkan pasukan Israel menghina, menginterogasi dan memukul semua tim di rumah sakit tersebut, serta tidak memberi mereka makanan dan akses ke toilet. Pihaknya menuding tentara Israel telah mencuri uang dari rumah sakit dan orang-orang di sana, termasuk dari staf medis.

Disebutkan pula bahwa tentara telah menyita laptop dan sistem radio (VHF), satu-satunya alat komunikasi di tengah pemadaman jaringan komunikasi di Kota Khan Younis yang berlangsung selama sekitar satu bulan.

Pada Jumat pagi PRCS melaporkan telah kehilangan komunikasi total dengan timnya di Rumah Sakit Al-Amal, menyampaikan kekhawatiran mendalam tentang keselamatan tim di Rumah Sakit Al-Amal, serta korban luka dan pasien.

“Serangan tentara Israel terhadap Rumah Sakit Al-Amal memasuki hari ke-19,” kata PRCS.

Israel terus menggempur Jalur Gaza, di mana sedikitnya 27.947 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak terbunuh dan 67.459 orang lainnya terluka sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Gempuran Israel itu sebagai balasan atas serangan lintas batas Hamas, kelompok perlawanan Palestina yang telah menewaskan hampir 1.200 orang.

Menurut PBB, agresi Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih dan obat-obatan, dengan 60 persen infrastruktur di wilayah kantong itu rusak atau hancur. (ant/azw/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
28o
Kurs