Senin, 29 April 2024

Ketua DPR Soroti Evaluasi Sistem Keamanan Transportasi di Arus Balik Tahun Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI mengingatkan pemerintah hati-hati dalam proses evakuasi WNI di Israel dan Palestina. Foto: DPR RI

Puan Maharani Ketua DPR RI menekankan pentingnya pemeliharaan sistem keamanan transportasi menyusul tabrakan antara KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia. Apalagi saat ini memasuki masa arus balik libur tahun baru.

“Dukacita mendalam saya ucapkan atas tragedi kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya. Semoga korban meninggal dunia mendapat tempat terindah di sisi Tuhan, dan korban luka dapat segera diberi kesembuhan,” kata Puan, Sabtu (6/1/2024).

Seperti diketahui, KA Turangga rute Kota Bandung-Surabaya bertabrakan dengan KA lokal Bandung Raya di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur pukul 06.03 WIB. Kecelakaan itu menyebabkan empat petugas KA meninggal, terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti.

Saat peristiwa terjadi, KA Turangga membawa 287 penumpang dan KA lokal Bandung Raya mengangkut 191 penumpang. Akibat kejadian ini, 35 orang mengalami luka-luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit.

Puan berharap agar KAI bersama tim terkait lainnya segera menemukan penyebab dari insiden tersebut.

“Dengan begitu ada evaluasi dan perbaikan terhadap sistem keamanan transportasi publik. Tidak hanya untuk Kereta Api, tapi seluruh moda transporasi umum lainnya, termasuk di jalur darat yang rawan kecelakaan,” tutur Ketua DPR RI.

Dia juga meminta Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk terus melakukan pemantauan dan memastikan keamanan sistem pengelolaan di seluruh moda transportasi.

“Pastikan seluruh protokol dijalankan sesuai standar untuk meminimalisir human error yang dapat merugikan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Pemerintah harus menjamin keselamatan warga yang melakukan mobilitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK ini meminta KAI memberi pelayanan terbaik bagi korban kecelakaan KA Turangga dan KA lokal Bandung Raya. Puan menegaskan, semua kebutuhan korban harus difasilitasi dengan baik.

“Termasuk memfasilitasi calon penumpang yang terdampak dari insiden tabrakan kereta api,” sebut cucu Bung Karno tersebut.

Dia berharap, masyarakat dapat menikmati akhir masa liburan dengan jaminan keamanan di jalanan. Untuk itu, Pemerintah, pihak pengelola jasa transportasi, Polri, dan instansi terkait diingatkan untuk memberi pelayanan terbaik.

“Pastikan seluruh SDM petugas bekerja dengan maksimal, infrastruktur transportasi terjaga, dan sistem keamanan di jalanan selalu optimal sehingga masyarakat bisa pulang ke rumah dengan selamat dan melanjutkan aktivitasnya kembali tanpa kurang satu apapun,” tutupnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs