Minggu, 16 Juni 2024

Media Gaza Ungkap Militer Israel Jarah Uang dan Emas Warga Sejak 7 Oktober

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 16 November 2023 ini menunjukkan pasukan Israel melakukan operasi militer di bagian barat Kota Gaza. Foto: Xinhua Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 16 November 2023 ini menunjukkan pasukan Israel melakukan operasi militer di bagian barat Kota Gaza. Foto: Xinhua

Kantor Media Gaza pada Sabtu (6/1/2024) waktu setempat, mengungkap penjarahan uang dan artefak emas yang dilakukan militer Israel di Jalur Gaza, berjumlah sekitar 25 juta dolar AS (sekitar Rp387,8 miliar) sejak 7 Oktober 2023.

Dilansir Antara, hal itu disampaikan berdasarkan kesaksian warga Jalur Gaza mengenai pencurian uang, emas dan artefak yang diperkirakan mencapai 90 juta shekel (Rp380,2 miliar), selama 92 hari penyerangan oleh militer Israel.

“Operasi pencurian terjadi dalam berbagai cara, pertama di pos pemeriksaan, seperti jalan Salah al-Din, di mana mereka mencuri dari orang-orang yang mengungsi yang meninggalkan Jalur Gaza utara untuk menuju ke selatan, tas-tas mereka berisi barang berharga seperti uang, emas, dan artefak,” kata kantor berita tersebut.

Metode lainnya melibatkan perampokan rumah-rumah yang penghuninya diminta evakuasi secara paksa. Pada saat itulah militer Israel mengambil cenderamata foto-foto dan rekaman video yang beberapa diunggah di akun media sosial mereka, seperti yang terjadi di kota Beit Lahiya, Gaza utara.

Media tersebut menunjukkan bahwa surat kabar Israel mendokumentasikan kejahatan tersebut. Selain itu, Yedioth Ahronoth surat kabar Israel menggambarkannya sebagai pencurian uang warga Gaza secara sistematis.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak berwenang Israel mengenai tuduhan ini. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs